Kisah Pendekar Bongkok 3

Kisah Pendekar Bongkok Karya Kho Ping Hoo Bagian 3


Hoo >> published by buyankaba.com 51
seorang gadis remaja yang membawa sebuah tempat air dari tanah bakar yang dipondongnya di atas pinggang kiri. Melihat bahwa orang yang tadinya disangka laki-laki itu setelah dekat baru kelihatan bahwa ia seorang gadis remaja, dengan gugup Sie Liong menyelinap kembali ke balik batang po-hon. Namun terlambat, kakinya mengin-jak ranting kering dan gadis remaja i-tu sudah membalikkan tubuh menengok.
"Siapa itu?" Gadis itu menegur.
Sie Liong tidak berani berkutik. Ba-tang pohon itu terlampau kecil untuk menutupi seluruh tubuhnya, dia tidak berani menjawab saking malunya.
"Hayo katakan siapa itu! Maling-kah" Aku akan menjerit memanggil orang kalau engkau tidak mau keluar dari ba-lik pohon itu!"
Celaka, pikir Sie Liong. Kalau dia disangka maling dan gadis itu men-jerit, mungkin dia akan dikeroyok orang sedusun! Terpaksa dia keluar dari balik batang pohon, sedapat mungkin menutupi selangkangnya dengan kedua ta-ngan.
"Aku.... aku bukan maling...." katanya lirih.
Gadis itu torbelalak memandang kepada pemuda cilik yang telanjang bulat itu, dengan tubuh yang berkulit putih bersih, sama sekali tanpa pakaian!
"Eiiiiihhh....!" Ia menjerit dan tempat air dari tanah bakar itu terle-pas dari rangkulannya, jatuh dan pecah sehingga air jernih itu mengalir kelu-ar. Gadis remaja itupun berlari-lari seperti dikejar setan memasuki rumah. "Setaaan....! setaaaaann....!" Ia menjerit-jerit.
Sie Liong kembali memyelinap ke balik batang pohon, tersenyum pahit dan merasa bahwa dia memang sudah men-jadi setan! Setan telanjang yang menakutkan seorang gadis remaja. Setan bongkpk telanjang! Sungguh sial, geru-tunya, tidak tahu harus berbuat apa. Tak lama kemudian, gadis remaja itu datang lagi dengan sikap takut-takut, bersama seorang laki-laki setengah tua dan seorang laki-laki berusia dua puluh tahun lebih, keduanya membawa parang dan siap untuk berkelahi melawan setan. Di belakang gadis remaja itu keluar pula seorang wanita yang saling berpe-gang tangan dengan gadis itu, nampak ketakutan.
"Mana. dia" Mana setan itu?" tanya pemuda itu dengan lagak pemberani akan tetapi suaranya agak gemetar.
"Tadi di sana, di belakang pohon itu! Nah, lihat! Dia masih di sana...." gadis itu merangkul ibunya.
Dua orang laki-laki itu juga su-dah melihat tubuh putih yang sebagian tertutup batang pohon dan mereka maju baberapa langkah, akan tetapi tetap dalam jarak yang aman.
"Setan! Keluarlah dan perlihatkan mukamu!" bentak laki-laki muda.
"Kalau engkau benar setan, harap jangan ganggu keluarga kami, kami adalah orang baik-baik dan suka sembah-yang," kata pria yang setengah tua.
Sie Liong merasa bahwa bersembunyi lebih lama lagi tidak ada gunanya juga kalau dia melarikan diri, mungkin akan dikejar orang sedusun. Maka, dia-pun terpaksa keluar dari balik pohon sambil menggunakan kedua tangan menutupi bawah perutnya.
"Maaf, paman.... maafkan aku. Aku.... aku bukan setan, aku manusia biasa yang
mengharapkan pertolongan kalian."
Dua orang pria itu jelas kelihat-an lega mendengar ini, akan tetapi me-reka masih ragu-ragu.
Kalau benar manusia, mengapa bertelanjang bulat" Kalau manusia, tentu orang gila dan ini sama menyeramkannya dengan setan!
"Engkau seorang manusia" Kenapa malam-malam begini datang ke sini dan telanjang bulat"
Apakah engkau gila?" tanya pria setengah tua.
"Maafkan, paman. Aku tidak gila, aku.... aku siang tadi lewat di hutan itu dan aku dirampok.
Buntalan pakaianku, juga pakaian yang kupakai, diram-pas perampok, bahkan aku dipukul mere-ka. Lihat, kepalaku masih berdarah di sini." Untuk membuktikan kebenaran ka-ta-katanya, Sie Liong membalikkan tu-buh memperlihatkan luka di belakang kepalanya, juga memperlihatkan daging menonjol di punggung yang membuatnya bungkuk, memperlihatkan Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 52
pula tanpa di-sadari pinggulnya karena yang ditutup-nya hanyalah bawah perut.
"Iiihhh....!" Gadis remaja itu men-jerit lagi dan menutupi muka dengan kedua tangan, hanya mengintai dari celah-celah jari tangannya!
Kini pria setengah tua itu percaya karena dia melihat betapa belakang kepala itu memang terluka. "Kauambil-kan satu stel pakaianmu, juga obor." perintahnya kepada puteranya, kakak gadis remaja tadi.
"Baik, ayah." Diapun lari ke da-lam. Ayah, ibu den anak perempuan itu manih mengamati Sie Liong yang menjadi rikuh sekali. Karena di situ ada dua orang wanita terutamm gadis remaja yang menutupi muka dengan kedua tangan dia kembali menyelinap ke balik batang pohon, menyembunyikan tubuhnya dan hanya memperlihatkan kepalanya saja.
"Maafkan aku, puman. Aku tidak tahu apa yang harus kulakukan, maka aku sengaja menanti sampai gelap baru berani memasuki dusun ini dengan maksud minta pertolongan kepada siapa saja. Melihat rumah paman ini agak terpencil, make aku lalu datang ke sini untuk minta pertolongan, takut kalau sampai terlihat banyak orang. Dan ternyata pilihanku tidak keliru.
Aku berteau dengan keluarga yang budiman. Harap enci di sana itu memaafkan aku, aku tidak se-ngaja untuk bersikap kurang ajar dan melanggar suaila."
Mendengar kata-kata yang halus dan teratur rapi, ayah ibu dan anak i-tu dapat menduga bahwa tentu anak te-lanjang itu bukan seorang dusun, me-lainkan seorang kota yang terpelajar.
"Siapakah namamu, orang muda?" tanya si ayah.
"Namaku Liong, she Sie."
Pada saat itu, pemuda tadi datang lagi membawa obor di tangan kanan dan satu stel pakaian di tangan kiri.
Kini obor menerangi tempat itu dan gadis remaja itu tetap mengintai dari celah-celah jari tangannya. Dengan peraaaan berterima kasih sekali Sie Liong menerima satu stel pakaian itu, lalu memakainya di balik batang pohon. Baju itu kebe-saran, lengannya terlalu panjang dan celana itupun kakinya terlalu panjang. Terpaksa dia menggulung lengan dan ka-ki pakaian itu, dan muncul dari balik batang pohon. Karena baju itu kedodor-an, maka bongkoknya tidak terlalu kelihatan.
Sie Liong mengangkat tangan memberi hormat kepada mereka. "Paman, bibi, toako dan enci, aku Sie Liong mengha-turkan banyak terima kasih dan percayalah, selama hidupku aku tidak akan me-lupakan budi pertolongan yang amat berharga ini."
Laki-laki setengah tua itu melangkah maju. Kini dia yakin bahwa anak i-ni bukan setan, bukan pula orang gila, dan dirangkulnya pundak Sie Liong, di-tariknya untuk diajak masuk ke rumah.
"Anak yang malang, mari kita masuk ke dalam. Engkau boleh bermalam di rumah kami dan makan malam bersama ka-mi, akan tetapi engkau harus menceritakan semua pengalaman dan riwayatmu km-pada kami."
Sie Liong mengikuti mereka dan kini gadis remaja itu tidak lagi menutupi mukanya dengan jari tangan. Gadis i-tu berusia kurang lebih lima belas tahun dan mukanya manis sekali, tubuhnya padat berisi karena ia biasa bekerja berat seperti lajimnya gadis-gadis dusun.
Mereka bersikap ramah sekali. Sie Liong diajak makan malam yang terdiri dari nasi dan sayur-sayuran tanpa daging. Jarang ada petani makan daging, mungkin hanya satu dua kali sebulan karena daging merupakan makanan atau hidangan yang mewah bagi mereka. Akan tetapi, di antara orang-orang yang demikian ramah dan baiknya, hidangan itu terasa lezat sekali oleh Sie Liong yang memang sudah lelah dan lapar sekali. Sesudah makan, mereka duduk di tengah pondok, memutari meja dan Sie Liong lalu bercerita.
"Aku adalah seorang anak yatim piatu. Ayah ibuku telah tidak ada, meninggal karena penyakit menular yang berjangkit di dusun kami, jauh di utara. Semenjak itu, aku lalu hidup Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 53
seorang diri, selama beberapa tahun ini aku ikut dengan orang, bekerja sebagai pelayan.
Kemudian, karena ingin meluaskan pengalaman, aku lalu berhenti dan melakukan perjalanan merantau. Tak kusangka, sampai di dalam hutan itu muncul lima orang yang demikian kejamnya, merampas semua pakaian dalam buntalanku, bahkan melucuti pakaian yang
kupakai sehingga aku bertelanjang bulat. Untung ada paman, bibi, toako dan enci yang baik budi sehingga aku tertolong terhindar dari ketelanjangan dan kelaparan."
Empat orang itu senang sekali me-lihat sikap Sie Liong yang demikian sopan, kata-katanya yang rapi, sungguh berbeda sekali dengan anak-anak di du-sun yang kasar.
"Kalau engkau sebatangkara, biarlah engkau tinggal di sini saja bersama kami, Sie Liong.
Asal engkau suka hidup sederhana dan membantu pekerjaan di sawah ladang, makan
seadanya dan pakaianpun asal bersih, kami akan suka sekali menerimamu." kata sang ayah.
"Benar kata ayahku, Sie Liong. Tinggallah di sini, den engkau menjadi adikku!" kata gadis manis itu. Ibu ga-dis itu, dan kakaknya juga, menyambut dengan senyum ikhlas.
Sie Liong memandang mereka dengan mata basah karena hatinya terharu sekali. Sungguh aneh manusia di dunia ini, pikirnya. Dia pernah bertemu dengan keluarga petani yang amat baik hati, memberinya tempat bermalam dan memberinya makan dan dia sudah manganggap mereka itu teramat baik hati. Akan tetapi, kegembiraan hatinya bertemu dengan kelu-arga petani yang baik itu dihancurkan oleh kenyataan pahit ketika dia berte-mu dengan lima orang perampok. Dan pandangannya bahwa manusia di dunia ini banyak yang baik seketika berubah de-ngan kepahitan, melihat betapa lima orang perampok itu amat jahatnya. Namun, baru setengah hari lewat, dia bertemu lagi dengan keluarga petani ini yang ternyata luar biasa baiknya, bukan sa-ja memberinya pakaian sehingga dia ti-dak lagi telanjang, memberinya makan, merimanya bermalam di situ, bahkan kini menawarkan agar dia hidup bersama mereka di rumah mereka! Adakah kebaik-an yang lebih hebat dari pada ini" Ke-ikhlasan tanpa pamrih yang amat mengharukan. Dia bangkit dari duduknya dan mengangkat kedua tangan di depan dada, memberi hormat kepada mereka.
"Sungguh paman sekalian teramat baik kepadaku, budi yang berlimpahan dari paman sekalian ini takkan kulupakan selama hidupku. Semoga Thian memberkahi paman sekalian karena kebaikan dan ketulusan hati paman, bibi, toako, dan enci. Aku Sie Liong takkan pernah melupakannya. Akan tetapi maaf, aku masih ingin malanjutkan perantauan dan belum ingin tinggal di suatu tempat tertentu. Kelak, kalau sudah timbul keinginan itu, aku akan ingat kepada penawaran paman, karena sungguh, aku akan lebih bangga dan senang hidup serumah dengan keluarga paman yang budiman ini dari pada dengan keluarga lain."
Malam itu, dengan hati penuh kegembiraan Sie Liong tidur di dalan sebuah kamar bersama putera tuan rumah yang mengalah tidur di atas lantai bertilamkan tikar dan memberikannya dipannya yang kecil kepada Sie Liong. Mula-mula Sie Liong monolaknya, akan tetapi pemuda itu memaksa sehingga akhirnya Sie Liong menerima juga. Malam itu, sebelum tidur, dia sempat rebah telentang, agak miring karena pungungnya tidak memungkinkan dia tidur telentang penuh, dan melamun. Bermacam-macam sudah dia mengalami dalam kehidupan ini semenjak terjadi perkelahian di kota Sung-jan itu. Dan semua pangalaman itu mulai menggemblengnya dan mematangkan jiwanya. Maklumlah dia bahwa di dunia ini terdapat banyak orang jahat, di samping banyak pula orang baik, dan bahwa dalam kehidupan yang serba sulit dan keras ini, dia harus pandai-pandai menjaga diri sendiri. Baru mencari makan saja sudah tidak mudah, apa lagi menghadapi gangguan orang-orang jahat yang amat kejam.
Agaknya, perlu memiliki kepandaian silat yang akan membuat dia kuat dan tangguh untuk mengatesi semua gangguan orang jahat itu, di samping dapat pula dia pergunakan untuk melin-dungi orang yang dihimpit kejahatan o-rang lain, seperti halnya Bi Sian ketika diganggu pemuda-pemuda remaja yang nakal itu. Mulailah timbul tekatnya untuk
mempelajari ilmu silat tinggi dan mencari seorang guru yang pandai.
Pada keesokan harinya, Sie Liong pamit pada keluarga yang baik itu, dan diapun melanjutkan Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 54
perjalanannya terus ke selatan. Sampai akhirnya pada pagi hari itu menjelang siang, dia tiba di sebuah hutan dan dari jauh dia sudah mendengar suara nyanyian dua orang pendeta Lama dengan suara dan iramanya yang aneh. Sie Liong tertarik sekali dan cepat dia menuju ke arah suara itu. Melihat betapa ada seorang tosu tua renta duduk bersila dan dikelilingi oleh dua orang pendeta berkepala gundul berjubah merah, dia merasa heran sekali dan cepat dia duduk tak jauh dari situ. Dia memegang sebatang bambu yang dipergunakannya sebagai tongkat, juga sebagai semacam senjata kalau-kalau dia diserang binatang buas atau juga orang jahat.
Dia tidak tahu apa yang sedang terjadi dan yang sedang dilakukan oleh tiga orang kakek itu, akan tetapi men-dengarkan nyanyian dan irama dua orang pendeta Lama itu, telinganya merasa tidak enak sekali, bahkan nyeri seperti ditusuk-tusuk rasanya. Maka, tanpa di-sadari, dia lalu mengetuk-ngetukken tongkat bambu di tangannya itu pada sebuah batu besar. Karena bambu itu bar-lubang, maka menimbulkan suara nyaring dan diapun memukul tak-tok-tak-tok berirama, akan tetapi dia sengaja menen-tang irama nyanyian dua orang pendeta Lama itu agar telinganya tidak sakit seperti ditusuk-tusuk oleh irama aneh itu. Dan begitu dia mendengar suara tak-tok-tak-tok dari bambunya sendiri, benar saja, telinganya tidak begitu nyeri lagi karena tidak lagi "diserang" oleh irama nyanyian dua orang pendeta Lama.
Akan tetapi, kembali telinganya nyeri ketika dua orang pendeta itu me-nyesuaikan irama lagu mereka dengan i-rama ketukan bambunya. Sie Liong menjadi penasaran dan diapun
mengubah irama ketukan bambunya, bahkan kini dia bikin irama yang kacau balau, berganti-ganti dan berubah-ubah!
Melihat betapa ilmu yang mereka lakukan melalui pengaruh irama dan nyanyian telah dibikin hancur dan kacau oleh suara ketukan bambu, marahlah dua orang pendeta Lama itu. Mereka menghentikan nyanyian mereka, dan keduanya membalikkan tubuh menghadap ke arah suara ketukan bambu.
"Tak-tok-tak-tok, tak-tok-tak-tok, tak-tok-tak-tok, tak-tok-tak-tok, tak--tok-tak-tok!" suara ketukan bambu itu seperti ketukan bambu peronda malam! Melihat bahwa yang mengacaukan ilmu mereka hanya seorang bocah bongkok berusia tiga belas tahun, dua orang pendeta Lama itu terbelalak, merasa penasaran, malu dan terhina sekali, hanya se-orang bocah bongkok!
Dan ilmu mereka telah ketahuan rahasianya dan telah menjadi kacau! Memang rahasia kekuatan ilmu itu berada pada iramanya yang mampu menyeret dan mencengkeram semangat seseorang. Akan tetapi begitu irama i-tu kacau oleh irama lain, seolah-olah jantung ilmu itu ditusuk, kunci raha-sianya dibuka dan ilmu itupun tidak a-da gunanya lagi.
"Bocah setan! Berani engkau me-ngacaukan ilmu kami?" bentak Thay Ku Lama yang
bermuka codet dan tubuhnya sudah meloncat dengan cepat bagaikan seekor burung garuda melayang, dan ce-pat sekali dia menyerang anak itu de-ngan Pukulan Hek-in Tai-hong-ciang be-gitu kedua kakinya menyentuh tanah dan dia sudah berjongkok! Bukan main keji-nya serangan dari Thay Ku Lama ini. Pukulan Hek-in Tai-hong-ciang adalah pu-kulan sakti yang ampuh. Seorang dewasa yang memiliki ilmu kepandaian tinggi sekalipun jarang ada yang kuat menahan pukulan ini, apa lagi kini yang dipukulnya seorang anak-anak yang lemah!
"Siancai....! Engkau terlalu keji, Lama!" terdengar seruan halus dan tubuh Pek In Tosu sudah meluncur seperti bayangan putih dan dari samping dia sudah menangkis pukulan dahsyat itu sambil mengerahkan tenaga sin-kang yang tidak kalah hebatnya, yaitu Pek In Sin-ciang yang mengeluarkan uap pu-tih.
"Desss....!" Tubuh Thay Ku Lama terpelanting dan terguling-guling. Ternyata Pek In Tosu dalam usahanya menyelamatkan anak bongkok, telah mengerah-kan seluruh tenaganya
sehingga pandeta Lama itu tidak kuat bertahan. Akan te-tapi, pukulannya yang dahsyat tadipun sudah menyerempet dada Sie Liong dan a-nak inipun terpelanting dan terbanting keras!
They Ku Lama terkejut bukan main dan tahulah dia bahwa ketika menangkis, Pek In Tosu telah mengerahkan tenaga-nya dan ternyata kakek tua renta itu benar-benar amat tangguh. Dia Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 55
tidak terluka, hanya tordorong sampai terpelanting, namun dia marasa jerih. Setelah meloncat bingun, dia lalu berkata dengan suara marah dan muka merah.
"Tunggu saja, Pek In Tosu. Kami akan membasmi Himalaya Sam Lojin!" Se-telah berkata demikian, Thay Ku Lama mengajak sutenya untuk pergi dari situ. Dua orang pendeta Lama itu berkelebat dan letyap dari situ.
"Siancai....! Sungguh mereka itu orang-orang sesat yang berbahaya seka-li...." kata Pek In Tosu yang segera menghampiri dua orang pemuda murid Kun-lun-pai. Dua kali tangannya bergerak dan dua orang pemuda itu telah terbe-bas dari totokan. Mereka tadi hanya diam tak mampu bergerak akan tetapi da-pat mengikuti apa yang telah terjadi di depan mata mereka, perkelahian yang aneh dan hebat sekali. Mereka tahu pu-la bahwa nyawa mereka
diselamatkan o-leh kakek sakti itu, maka keduanya la-lu berlutut dan menghaturkan terima kasih kepada Pek In Tosu yang segera mengibaskan ujung lengan bajunya dan berkata dengan halus.
"Sudahlah, harap ji-wi (kalian berdua) segera pulang saja ke Kun-lun-pai dan jangan mencampuri urusan para Lama itu."
Dua orang itupun cepat-cepat memberi hormat lalu pergi dari situ untuk membuat laporan tentang peristiwa itu kepada pimpinan mereka di Kun-lun-pai. Setelah dua orang murid Kun-lun-pai itu pergi, Pek In Tosu lalu meng-hampiri Sie Liong yang menggeletak pingsan. Dia mengamati anak itu lalu berlutut.
"Thian Yang Maha Agung.... Sungguh kasihan sekali anak ini...." katanya ketika melihat betapa napas anak itu empas empis, mukanya agak membiru. Tahulah dia bahwa
pertolongannya tadi agak terlambat den anak itu masih ter-langgar hawa pukulan Hek-in Tai-hong-ciang yang amat dahsyat itu. Pek In Tosu cepat meletakkan kedua telapak tangannya ke atas dada Sie Liong, lalu perlahan-lahan dan dengan hati-hati sekali dia menyalurkan tenaga sakti dari tubuhnya melalui telapak tangan ke dalam dada anak itu. Perlahan-lahan dia mendorong dan mengusir keluar hawa busuk beracun sebagai akibat pukulan Hek-in Tai-hong-ciang sehingga untuk sementara ini nyawa anak itu tidak lagi terancam bahaya, walaupun luka di dadanya masih belum dapat disembuhkan. Untuk menyembuhkan luka
akibat getaran pukulan sakti itu, dia tidak mampu dan harus dicarikan seorang ahli pengobatan yang pandai.
Anak itu menggerakkan kaki tangannya dan membuka mata, meringis kesakitan akan tetapi tidak mengeluh. Melihat betapa punggung anak itu menonjol dan bongkok, kakek itu menarik napas pan-jang dan perasaan iba memenuhi batin-nya. Anak bongkok yang aneh ini,
mung-kin karena tidak disengaja, tadi telah menyelamatkan nyawanya yang sudah ter-ancam maut di bawah pengaruh sihir dua orang pendeta Lama! Dan sebagai akibatnya, anak yang bongkok dan miskin ini terkena pukulan beracun. Bagaimanapun juga, dia harus
mengusahakan agar anak ini dapat disembuhkan oleh seorang ahli. Dan dia memandang kagum. Anak itu tidak mangeluh sama sekali, padahal dia tahu bahwa luka itu tentu menda-tangkan perasaan nyeri yang hebat. Ha-nya napas anak itu masih sesak, dan ketika anak itu bangkit duduk, dia cepat memejamkan kedua matanya karena pening. Akan tetapi, dia tetap tidak mengeluh!
"Sakitkah dadamu?" tanya Pek In Tosu lirih.
Sie Liong membuka matanya, meman-dang kepada kakek itu dan mengangguk. "Nyeri dan napasku sesak. Totiang, kenapakah hwesio tadi memukul aku?"
Pek In Tosu menarik napas panjang dan semakin suka dan kagum kepada anak bongkok itu.
"Untuk menjawab pertanya-anmu itu, perlu lebih dulu pinto keta-hui, kenapa tadi engkau memukuli batu dengan bambu ini?"
Sie Liong yang masih agak pening itu memejamkan mata, mengingat-ingat dan terbayanglah semua yang tadi terjadi. "Totiang, ketika tadi aku lewat di hutan ini, aku mendengar suara nyanyi-an dan aku tertarik, lalu mendekat. Aku tidak mengerti mengapa totiang du-duk Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 56
bersila dan dikelilingi dua orang hwesio yang bernyanyi-nyanyi dan mena-ri-nari. Akan tetapi suara nyanyian i-tu, iramanya, begitu tidak enak, makin lama semakin menyiksa telingaku.
Maka, aku lalu memukul-mukulkan bambu pada batu ini, untuk menolak suara yang ti-dak enak itu."
"Siancai.... Tanpa kausadari engkau telah menentang dan memecahkan ilmu sihir mareka.
Karena suara ketukan bambumu itu merusak kekuatan sihir dari nyanyian mereka, maka mereka menja-di marah dan hendak membunuhmu."
Sie Liong terkejut sekali dan sa-king herannya, dia bangkit berdiri. A-kan tetapi tubuhnya terhuyung dan dia tentu roboh kalau tidak cepat pundaknya ditangkap oleh Pek In Tosu.
"Jangan banyak bergerak, engkau masih dalam kea-daan luka berat. Marilah engkau ikut denganku, akan pinto usahakan agar engkau mendapat pengobatan yang baik."
Karena terlalu lemah, Sie Liong hanya mengangguk pasrah dan di lain saat dia merasa tubuhnya seperti terbang. Kira-nya dia dipondong oleh kakek itu dan kakek itu sudah berlari dengan amat cepatnya, seperti terbang saja!
Bukit itu puncaknya merupakan pa-dang rumput yang luas. Di sana-sini tumbuh pohon yang tua dan besar, dengan daun-daun yang lebat. Dari padang rum-put di puncak bukit itu, orang dapat melihat ke seluruh penjuru, melihat sawah ladang, melihat bukit-bukit lain di Pegunungan Kun-lun-san, puncak-pun-cak tinggi yang tertutup awan, jurang-jurang yang amat dalam dan hutan-hutan yang hijau.
Mereka duduk bersila di atas pa-dang rumput itu, duduk dalam bentuk segi tiga mengurung anak bongkok yang juga duduk bersila di tengah-tengah. Se-orang di antara tiga kakek yang duduk bersila itu adalah Pek In Tosu. Orang ke dua juga seorang tosu, bertubuh tinggi kurus seperti hanya tinggal tulang terbungkus kulit. Namun muka kakek ini licin tanpa rambut sedikitpun, seperti muka kanak-kanak dan mulutnya selalu dihias senyum ramah. Usianya sebaya de-ngan usia Pek In Tosu, sekitar tujuh puluh tahun dan dia berjuluk Swat Hwa Cinjin, dengan pakaian serba putih sederhana seperti juga yang dipakai Pek In Tosu. Orang ke tiga bernama Hek Bin Tosu, dan sesuai dengan namanya, muka tosu ini kehitaman dan tubuhnya pendek besar, wajahnya nampak serius dan be-ngis, pakaiannya juga putih dan usia-nya juga sebaya dengan dua orang tosu lainnya. Mereka bertiga inilah yang dahulu dikenal sebagai Himalaya Sam Lojin (Tiga Orang Kakek Himalaya). Mere-ka dahulu adalah para pertapa di Hima-laya yang ikut pula mengungsi ke Kun-lun-san untuk menghindarkan bentrokan dan keributan dengan para Lama di Tibet. Tak mereka sangka, setelah puluh-an tahun, kini muncul mereka yang menamakan dirinya Lima Harimau Tibet, lima orang pendeta Lama yang sakti melaku-kan pengejaran ke Kun-lun-san dan menyerang para pertapa yang berasal dari Himalaya! Bahkan baru saja dua orang pendeta Lama berusaha menangkap Pek In Tosu, dengan ancaman membunuhnya kalau tidak mau menyerah.
"Siancai....! Sungguh mengheran-kan sekali sikap para Lama itu. Menga-pa mereka itu memusuhi kita?" Hek-bin Tosu yang berwatak kasar namun jujur terbuka itu berseru. Mereka bertiga i-ni bukan saudara seperguruan, akan te-tapi biarpun mereka datang dari sum-ber perguruan yang lain, di Himalaya mereka bertemu dan bersatu sebagai ti-ga orang murid dalam hal kerohanian, di bawah petunjuk seorang guru besar yang kini telah tiada. Karena itu, me-reka bertiga merasa seperti saudara saja dan mereka terkenal sebagai Himala-ya Sam Lojin.
"Tidak tahukah engkau, sute?" ka-ta Swat Hwa Cinjin. "Ketika kita masih di Himalaya dahulu, mereka para Lama itu sudah memusuhi para pertapa di sa-na dan menganggap bahwa para pertapa itu ingin memberontak dan ingin menja-tuhkan kedudukan Dalai Lama.
Rupanya, biarpun sebagian besar para pertapa menghindarkan diri, mereka masih terus mendendam dan kini mereka itu mengutus Lima Harimau Tibet untuk membasmi para
pertapa di pegunungan ini yang datang dari Himalaya."
"Benar seperti apa yang dikatakan Swat Hwa sute. Sungguh menyedihkan sekali bagaimana Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 57
orang-orang yang sudah memiliki tingkat sedemikian tingginya, masih juga menjadi budak dari nafsu dendam!" kata Pek In Tosu yang diang-gap paling tua di antara mereka.
"Pinto hanya ingat sedikit saja a-kan hal itu, akan tetapi sampai seka-rang pinto masih belum jelas persoalannya. Mengapa para pendeta Lama itu me-nuduh para pertapa Himalaya memberon-tak" Dan mengapa pula yang mereka mu-suhi khususnya adalah kita bertiga?"
Hek-bin Tosu bertanya penuh rasa penasaran.
Pek In Tosu menarik napas panjang. "Memang mendiang suhu berpesan kepada pinto agar urusan itu tidak perlu pin-to ceritakan kepada siapapun, sehingga engkau sendiri juga tidak mengetahui-nya. Sekarang, menghadapi nafsu balas dendam dari para Lama, biarlah kalian dengarkan apa yang pernah terjadi puluhan tahun yang lalu."
Swat Hwa Cinjin dan Hek-bin Tosu mendengarkan penuh perhatian. Sie Liong, anak bongkok yang duduk bersila pula di tengah-tengah, ikut mendengar-kan walaupun dia harus menahan perasaan nyeri yang membuat napasnya masih agak sesak dan dadanya nyeri. Tadi, pagi-pagi sekali, tiga orang tosu itu telah mengobatinya dengan menempelkan tangan mereka pada tubuhnya. Hawa yang hangat panas memasuki tubuhnya dan memang pe-rasaan nyeri di dadanya banyak berku-rang walaupun belum lenyap sama sekali.
"Pada waktu itu, kurang lebih ti-ga puluh tahun yang lalu, mendiang suhu kebetulan berada di sebuah dusun di kaki Himalaya. Suhu melihat serombongan pendeta Lama memasuki dusun dan dengan paksa mereka hendak menculik seorang anak laki-laki yang menurut mereka adalah seorang calon Dalai Lama yang ha-rus mereka bawa ke Tibet. Ayah ibu a-nak itu tentu saja merasa keberatan dan tidak memberikan putera mereka yang tunggal, apalagi karena mereka bukan-lah pemeluk Agama Buddha Tibet. Terja-di ketegangan ketika para pendeta Lama itu memaksa. Orang-orang dusun membela orang tua anak itu dan terjadilah
per-tempuran. Banyak orang dusun itu tewas, termasuk ayah ibu anak itu. Suhu yang melihat keributan itu turun tangan dan dalam bentrokan itu, tiga orang pende-ta Lama tewas ketika mereka bertanding melawan suhu. Para pendeta Lama aenja-di gentar dan sambil melarikan anak i-tu dan mayat kawan-kawan mereka, para pendeta Lama itu melarikan diri. Nah, semenjak itu, terjadi dendam di pihak pendeta Lama di Tibet dan mereka mengirim orang-orang pandai untuk membasmi para pertapa di Himalaya. Tentu saja yang mereka musuhi pertama-tama adalah suhu. Karena suhu telah meninggal dunia, maka tentu saja kita bertiga sebagai murid-murid suhu yang menjadi sasaran mereka itu, di samping juga mereka menyerang semua pertapa di Himalaya karena mereka menuduh bahwa para pertapa
menentang Dalai Lama di Tibet dan hen-dak memberontak."
"Akan tetapi, itu sungguh tindak-an gila!" Hek-bin Tosu berseru penuh rasa penasaran.
"Kenapa hanya untuk memilih seorang anak menjadi calon Dalai Lama, mereka bertindak kejam dan tidak segan membunuhi manusia yang tidak berdosa?"
"Siancai, sute. Kalau sute mau bersikap tenang, tentu akan mudah melihat mengapa terjadi hal itu. Kepercayaan yang membuat mereka bertindak seperti itu. Kepercayaan akan agama mereka, secara membuta dan apapun yang dikata-kan oleh pimpinan mereka merupakan pe-rintah yang harus mereka taati, mereka anggap sebagai perintah dari Thian sendiri. Dan betapapun juga, anak yang mereka culik itu adalah Dalai Lama yang sekarang!"
"Ahh." Swat Hwa Cinjin dan Hek-bin Tosu berseru. "Kalau anak itu yang menjadi Dalai Lama, lalu mengapa dia menyuruh Lima Harimau Tibet menggangil kita" Bukankah
mendiang suhu bermaksud untuk menolong dia dan keluarganya ke-tika para Lama hendak menculiknya?"
"Inipun suatu kejanggalan dan ra-hasia yang harus dipecahkan. Kita belum mempunyai bukti bahwa penyerbuan ke Kun-lun-san sekali ini adalah atas perintah Dalai Lama. Sudahlah, kalau memang mereka hendak menyerang kita, terpaksa kita hadapi dengan tenang dan tidak ada pilihan lain kecuali membela diri. Kita tidak suka bermusuhan, ti-dak membiarkan Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 58
kebencian menyentuh ba-tin, namun kita berhak dan berkewajib-an untuk melindungi diri kita dari se-rangan yang datang dari luar maupun dalam."
Tiga orang tosu itu kini berdiam diri, tenggelam ke dalam lamunan masing-masing. Tak mereka sangka bahwa dalam usia yang amat lanjut itu mereka masih harus menghadapi ancaman dari luar dan terpaksa harus siap siaga untuk bertanding.
"Suheng, lalu bagaimana dengan a-nak ini" Kita menghadapi bahaya ancaman Lima Harimau Tibet, dan dia berada di tengah-tengah antara kita," Swat Hwa Cinjin bertanya kepada Pek In Tosu.
"Siancai....! Agaknya, Thian yang menuntun anak ini sehingga tanpa disa-darinya sendiri dia telah menghindar-kan pinto dari ancaman maut di tangan dua orang pdndeta Lama itu dan dia menderita luka parah yang amat berbahaya bagi keselamatan nyawanya. Kita berti-ga sudah berusaha mengusir hawa bera-cun itu, namun tidak berdaya menyembuhkan lukanya. Harus ditangani seorang ahli pengobatan yang pandai. Karena Thian sendiri yang menuntunnya berada di antara kita, maka sudah menjadi ke-wajiban kita pula untuk melindunginya dan mencarikan seorang ahli untuk me-nolongnya."
Kembali tiga orang tosu itu berdiam diri. Sie Liong sejak tadi mendengarkan percakapan mereka. Dia tadinya juga tidak mengerti apa yang telah terjadi. Karena keterangan Pek In Tosu, dia hanya tahu bahwa tanpa disengaja, dia telah mengacau permainan sihir dua orang pendeta Lama itu sehingga mereka berusaha membunuhnya. Dia sudah tahu bahwa dua orang pendeta Lama dari Ti-bet itu memusuhi kakek tosu yang kemudian mengaku bernama Pek In Tosu. Dan sekarang, mendengar percakapan mereka, baru dia mengerti jelas mengapa para pendeta Lama itu hendak membunuh para tosu ini. Ketika mendengar betapa tiga orang kakek yang terancam oleh serang-an para Lama yang sakti ini harus me-lindungi pula dirinya, diapun segera berkata.
"Harap sam-wi totiang memaafkan saya. Sam-wi sendiri menghadapi ancaman para pendeta Lama, make tidak semesti-nya kalau sam-wi harus pula bersusah -payah melindungi saya dan mencarikan ahli pengobatan. Biarlah, saya akan pergi saja dan mencari sendiri ahli pengobatan itu agar selanjutnya tidak membuat sam-wi repot dan semakin ter-ancam."
Berkata demikian, dia hendak bangkit untuk meninggalkan tempat itu. Akan tetapi begitu dia bangkit, rasa nyeri menusuk dadanya sehingga dia jatuh terduduk kembali.
"Duduk sajalah dengan tenang, Sie Liong. Engkau harus terus menenangkan tubuhmu, bernapas panjang dan perlahan seperti yang kami ajarkan tadi dan ja-ngan memikirkan apa-apa. Engkau sama sekali tidak merepotkan kami," kata Pek In Tosu. Bagaimanapun juga, anak bongkok ini pernah menyelamatkan nyawanya, maka sudah menjadi kewajiban mereka bertiga untuk melindunginya, apalagi mereka bertiga tadi sudah memeriksa keadaan tubuh Sie Liong dan mereka mendapatkan kenyataan yang mentakjub-kan sekali, yaitu bahwa di dalam tubuh yang bongkok itu ternyata terkandung tulang yang amat baik, darah yang ber-sih dan bakat yang besar!
Bukit itu puncaknya merupakan pa-dang rumput yang luas. Di sana-sini tumbuh pohon yang tua dan besar, dengan daun-daun yang lebat. Dari padang rum-put di puncak bukit itu, orang dapat melihat ke seluruh penjuru, melihat sawah ladang, melihat bukit-bukit lain di Pegunungan Kun-lun-san, puncak-pun-cak tinggi yang tertutup awan, jurang-jurang yang amat dalam dan hutan-hutan yang hijau.
Mereka duduk bersila di atas pa-dang rumput itu, duduk dalam bentuk segi tiga mengurung anak bongkok yang juga duduk bersila di tengah-tengah. Se-orang di antara tiga kakek yang duduk bersila itu adalah Pek In Tosu. Orang ke dua juga seorang tosu, bertubuh tinggi kurus seperti hanya tinggal tulang terbungkus kulit. Namun muka kakek ini licin tanpa rambut sedikitpun, seperti muka kanak-kanak dan mulutnya selalu dihias senyum ramah. Usianya sebaya de-ngan usia Pek In Tosu, sekitar tujuh puluh tahun dan dia berjuluk Swat Hwa Cinjin, dengan pakaian serba putih sederhana seperti juga yang dipakai Pek In Tosu. Orang ke Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 59
tiga bernama Hek Bin Tosu, dan sesuai dengan namanya, muka tosu ini kehitaman dan tubuhnya pendek besar, wajahnya nampak serius dan be-ngis, pakaiannya juga putih dan usia-nya juga sebaya dengan dua orang tosu lainnya. Mereka bertiga inilah yang dahulu dikenal sebagai Himalaya Sam Lojin (Tiga Orang Kakek Himalaya). Mere-ka dahulu adalah para pertapa di Hima-laya yang ikut pula mengungsi ke Kun-lun-san untuk menghindarkan bentrokan dan keributan dengan para Lama di Tibet. Tak mereka sangka, setelah puluh-an tahun, kini muncul mereka yang menamakan dirinya Lima Harimau Tibet, lima orang pendeta Lama yang sakti melaku-kan pengejaran ke Kun-lun-san dan menyerang para pertapa yang berasal dari Himalaya! Bahkan baru saja dua orang pendeta Lama berusaha menangkap Pek In Tosu, dengan ancaman membunuhnya kalau tidak mau menyerah.
"Siancai....! Sungguh mengheran-kan sekali sikap para Lama itu. Menga-pa mereka itu memusuhi kita?" Hek-bin Tosu yang berwatak kasar namun jujur terbuka itu berseru. Mereka bertiga i-ni bukan saudara seperguruan, akan te-tapi biarpun mereka datang dari sum-ber perguruan yang lain, di Himalaya mereka bertemu dan bersatu sebagai ti-ga orang murid dalam hal kerohanian, di bawah petunjuk seorang guru besar yang kini telah tiada. Karena itu, me-reka bertiga merasa seperti saudara saja dan mereka terkenal sebagai Himala-ya Sam Lojin.
"Tidak tahukah engkau, sute?" ka-ta Swat Hwa Cinjin. "Ketika kita masih di Himalaya dahulu, mereka para Lama itu sudah memusuhi para pertapa di sa-na dan menganggap bahwa para pertapa itu ingin memberontak dan ingin menja-tuhkan kedudukan Dalai Lama.
Rupanya, biarpun sebagian besar para pertapa menghindarkan diri, mereka masih terus mendendam dan kini mereka itu mengutus Lima Harimau Tibet untuk membasmi para
pertapa di pegunungan ini yang datang dari Himalaya."
"Benar seperti apa yang dikatakan Swat Hwa sute. Sungguh menyedihkan sekali bagaimana orang-orang yang sudah memiliki tingkat sedemikian tingginya, masih juga menjadi budak dari nafsu dendam!" kata Pek In Tosu yang diang-gap paling tua di antara mereka.
"Pinto hanya ingat sedikit saja a-kan hal itu, akan tetapi sampai seka-rang pinto masih belum jelas persoalannya. Mengapa para pendeta Lama itu me-nuduh para pertapa Himalaya memberon-tak" Dan mengapa pula yang mereka mu-suhi khususnya adalah kita bertiga?"
Hek-bin Tosu bertanya penuh rasa penasaran.
Pek In Tosu menarik napas panjang. "Memang mendiang suhu berpesan kepada pinto agar urusan itu tidak perlu pin-to ceritakan kepada siapapun, sehingga engkau sendiri juga tidak mengetahui-nya. Sekarang, menghadapi nafsu balas dendam dari para Lama, biarlah kalian dengarkan apa yang pernah terjadi puluhan tahun yang lalu."
Swat Hwa Cinjin dan Hek-bin Tosu mendengarkan penuh perhatian. Sie Liong, anak bongkok yang duduk bersila pula di tengah-tengah, ikut mendengar-kan walaupun dia harus menahan perasaan nyeri yang membuat napasnya masih agak sesak dan dadanya nyeri. Tadi, pagi-pagi sekali, tiga orang tosu itu telah mengobatinya dengan menempelkan tangan mereka pada tubuhnya. Hawa yang hangat panas memasuki tubuhnya dan memang pe-rasaan nyeri di dadanya banyak berku-rang walaupun belum lenyap sama sekali.
"Pada waktu itu, kurang lebih ti-ga puluh tahun yang lalu, mendiang suhu kebetulan berada di sebuah dusun di kaki Himalaya. Suhu melihat serombongan pendeta Lama memasuki dusun dan dengan paksa mereka hendak menculik seorang anak laki-laki yang menurut mereka adalah seorang calon Dalai Lama yang ha-rus mereka bawa ke Tibet. Ayah ibu a-nak itu tentu saja merasa keberatan dan tidak memberikan putera mereka yang tunggal, apalagi karena mereka bukan-lah pemeluk Agama Buddha Tibet. Terja-di ketegangan ketika para pendeta Lama itu memaksa. Orang-orang dusun membela orang tua anak itu dan terjadilah
per-tempuran. Banyak orang dusun itu tewas, termasuk ayah ibu anak itu. Suhu yang melihat keributan itu turun tangan dan dalam bentrokan itu, tiga orang pende-ta Lama tewas ketika mereka bertanding melawan suhu. Para pendeta Lama aenja-di gentar dan sambil melarikan Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 60
anak i-tu dan mayat kawan-kawan mereka, para pendeta Lama itu melarikan diri. Nah, semenjak itu, terjadi dendam di pihak pendeta Lama di Tibet dan mereka mengirim orang-orang pandai untuk membasmi para pertapa di Himalaya. Tentu saja yang mereka musuhi pertama-tama adalah suhu. Karena suhu telah meninggal dunia, maka tentu saja kita bertiga sebagai murid-murid suhu yang menjadi sasaran mereka itu, di samping juga mereka menyerang semua pertapa di Himalaya karena mereka menuduh bahwa para pertapa
menentang Dalai Lama di Tibet dan hen-dak memberontak."
"Akan tetapi, itu sungguh tindak-an gila!" Hek-bin Tosu berseru penuh rasa penasaran.
"Kenapa hanya untuk memilih seorang anak menjadi calon Dalai Lama, mereka bertindak kejam dan tidak segan membunuhi manusia yang tidak berdosa?"
"Siancai, sute. Kalau sute mau bersikap tenang, tentu akan mudah melihat mengapa terjadi hal itu. Kepercayaan yang membuat mereka bertindak seperti itu. Kepercayaan akan agama mereka, secara membuta dan apapun yang dikata-kan oleh pimpinan mereka merupakan pe-rintah yang harus mereka taati, mereka anggap sebagai perintah dari Thian sendiri. Dan betapapun juga, anak yang mereka culik itu adalah Dalai Lama yang sekarang!"
"Ahh." Swat Hwa Cinjin dan Hek-bin Tosu berseru. "Kalau anak itu yang menjadi Dalai Lama, lalu mengapa dia menyuruh Lima Harimau Tibet menggangil kita" Bukankah
mendiang suhu bermaksud untuk menolong dia dan keluarganya ke-tika para Lama hendak menculiknya?"
"Inipun suatu kejanggalan dan ra-hasia yang harus dipecahkan. Kita belum mempunyai bukti bahwa penyerbuan ke Kun-lun-san sekali ini adalah atas perintah Dalai Lama. Sudahlah, kalau memang mereka hendak menyerang kita, terpaksa kita hadapi dengan tenang dan tidak ada pilihan lain kecuali membela diri. Kita tidak suka bermusuhan, ti-dak membiarkan kebencian menyentuh ba-tin, namun kita berhak dan berkewajib-an untuk melindungi diri kita dari se-rangan yang datang dari luar maupun dalam."
Tiga orang tosu itu kini berdiam diri, tenggelam ke dalam lamunan masing-masing. Tak mereka sangka bahwa dalam usia yang amat lanjut itu mereka masih harus menghadapi ancaman dari luar dan terpaksa harus siap siaga untuk bertanding.
"Suheng, lalu bagaimana dengan a-nak ini" Kita menghadapi bahaya ancaman Lima Harimau Tibet, dan dia berada di tengah-tengah antara kita," Swat Hwa Cinjin bertanya kepada Pek In Tosu.
"Siancai....! Agaknya, Thian yang menuntun anak ini sehingga tanpa disa-darinya sendiri dia telah menghindar-kan pinto dari ancaman maut di tangan dua orang pdndeta Lama itu dan dia menderita luka parah yang amat berbahaya bagi keselamatan nyawanya. Kita berti-ga sudah berusaha mengusir hawa bera-cun itu, namun tidak berdaya menyembuhkan lukanya. Harus ditangani seorang ahli pengobatan yang pandai. Karena Thian sendiri yang menuntunnya berada di antara kita, maka sudah menjadi ke-wajiban kita pula untuk melindunginya dan mencarikan seorang ahli untuk me-nolongnya."
Kembali tiga orang tosu itu berdiam diri. Sie Liong sejak tadi mendengarkan percakapan mereka. Dia tadinya juga tidak mengerti apa yang telah terjadi. Karena keterangan Pek In Tosu, dia hanya tahu bahwa tanpa disengaja, dia telah mengacau permainan sihir dua orang pendeta Lama itu sehingga mereka berusaha membunuhnya. Dia sudah tahu bahwa dua orang pendeta Lama dari Ti-bet itu memusuhi kakek tosu yang kemudian mengaku bernama Pek In Tosu. Dan sekarang, mendengar percakapan mereka, baru dia mengerti jelas mengapa para pendeta Lama itu hendak membunuh para tosu ini. Ketika mendengar betapa tiga orang kakek yang terancam oleh serang-an para Lama yang sakti ini harus me-lindungi pula dirinya, diapun segera berkata.
"Harap sam-wi totiang memaafkan saya. Sam-wi sendiri menghadapi ancaman para pendeta Lama, make tidak semesti-nya kalau sam-wi harus pula bersusah -payah melindungi saya dan Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 61
mencarikan ahli pengobatan. Biarlah, saya akan pergi saja dan mencari sendiri ahli pengobatan itu agar selanjutnya tidak membuat sam-wi repot dan semakin ter-ancam."
Berkata demikian, dia hendak bangkit untuk meninggalkan tempat itu. Akan tetapi begitu dia bangkit, rasa nyeri menusuk dadanya sehingga dia jatuh terduduk kembali.
"Duduk sajalah dengan tenang, Sie Liong. Engkau harus terus menenangkan tubuhmu, bernapas panjang dan perlahan seperti yang kami ajarkan tadi dan ja-ngan memikirkan apa-apa. Engkau sama sekali tidak merepotkan kami," kata Pek In Tosu. Bagaimanapun juga, anak bongkok ini pernah menyelamatkan nyawanya, maka sudah menjadi kewajiban mereka bertiga untuk melindunginya, apalagi mereka bertiga tadi sudah memeriksa keadaan tubuh Sie Liong dan mereka mendapatkan kenyataan yang mentakjub-kan sekali, yaitu bahwa di dalam tubuh yang bongkok itu ternyata terkandung tulang yang amat baik, darah yang ber-sih dan bakat yang besar!
Sie Liong terpaksa mentaati petunjuk Pek In Tosu ini karena dia memang merasa pening begitu bangkit berdiri tadi. Dia sudah mendapat petunjuk un-tuk duduk diam, bersila dan mengatur pernapasan seperti yang diajarkan mereka.
Tiba-tiba ada angin keras menyam-bar dan seperti setan saja, muncullah lima orang pendeta Lama di tempat itu. Oleh Sie Liong hanya kelihatan bayang-an merah berkelebatan dan tahu-tahu di situ telah berdiri lima orang pendeta Lama yang sikapnya menyeramkan. Dua di antara mereka adalah Thay Ku Lama si muka codet dan Thay Si Lama si muka bopeng yang pernah dilihatnya. Tiga o-rang pendeta Lama yang lain juga mempunyai ciri yang mudah dibedakan satu antara yang lain. Orang ke tiga adalah seorang yang mukanya pucat soperti
berpenyakitan dan dia ini berjuluk Thay Pek Lama. Orang ke empat berjuluk Thay Hok Lama, matanya yang kiri buta, ter-pejam dan kosong tidak berbiji mata lagi. Orang ke lima berjuluk Thay Bo La-ma, kurus kering seperti tengkorak hi-dup. Inilah Lima Harimau Tibet yang terkenal mengamuk di Kun-lun-san itu.
Melihat munculnya lima orang ini, Himalaya Sam Lojin lalu menggeser du-duk mereka. Kini mereka bersila seja-jar, membelakangi Sie Liong dan menghadapi lima orang pendeta Lama itu, de-ngan sikap yang tenang sekali. Sie Li-ong membuka matanya lebar-lebar, hatinya tegang akan tetapi diapun tidak merasa takut, hanya marah kepada lima o-rang pendeta Lama yang dianggapnya a-mat jahat dan sombong itu.
Melihat betapa tiga orang calon lawan itu duduk bersila dan berjajar menghadapi mereka, Lima Harimau Tibet juga segera duduk bersila berjajar menghadapi Himalaya Sam Lojin.
Thay Ku Lama, si muka codet yang menjadi pimpinan mereka itu agaknya memberi isarat melalui gerakan tangan dan tubuh. Mereka berlima tidak berani memandang ren-dah kepada tiga orang lawan mereka. Bukan hanya karena nama Himalaya Sam Lo-jin sudah terkenal sebagai orang-orang sakti, bahkan beberapa hari yang lalu Thay Ku Lama dan Thay Si Lama sudah merasakan kelihaian Pek In Tosu dan karenanya, kini mereka berlima bersikap hati-hati.
Jarak antara dua pihak itu ada lima meter, dan jelas nampak perbedaan antara sikap mereka.
Kalau Himalaya Sam Lojin bersikap tenang saja, seba-liknya sikap Lima Hartmau Tibet itu penuh geram, sinar mata mereka mencorong penuh tuntutan dan tubuh mereka jelas
membayangkan kesiapsiagaan untuk ber-kelahi.
Kedua pihak sampai lama tidak mengeluarkan kata-kata, hanya saling pandang seolah-olah hendak mengukur keku-atan pihak lawan dengan pengamatan sa-ja.
"Sam Lojin, sekali lagi kami tegaskan bahwa pimpinan kami, yang mulia Dalai Lama memerintahkan kalian berti-ga untuk menghadap beliau!" tiba-tiba terdengar Thay Ku Lama berkata, suara-nya lirih namun jelas dan tajam, bah-kan mengandung perintah dan ancaman.
"Siancai! Kami bukunlah rakyat Tibet, juga bukan hamba sahaya pemerin-tah Tibet, oleh karena itu menyesal sekali kami tidak dapat memenuhi perin-tah itu."
"Kalian tinggi hati! Baiklah, ka-mi menggunakan kata-kata yang halus. Pemimpin kami, yang Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 62
mulia Dalai Lama mengundang sam-wi untuk datang karena beliau ingin berwawancara de-ngan sam-wi," kata pula Thay Ku Lama, biarpun kata-katanya halus dan sopan, namun mengandung ejekan.
"Maafkan kami, kami sudah tua dan lelah, tidak mungkin dapat memenuhi undangan itu.
Kalau Sang Dalai Lama memang berkeinginan untuk bicara dengan kami, silakan saja datang ke Kun-lun-san dan kami akan menyambutnya."
Marahlah Lima Hariman Tibet itu! "Kalian memang tua bangka yang sombong sekali!
Apakah kalian berani menandingi kesaktian kami?" bentak pula Thay Ku Lama.
"Siancai....! Terserah kepada kalian. Kami tidak ingin bermusuhan dengan siapapun juga, akan tetapi juga tidak ingin kemerdekaan kami dilang-gar," jawab Pek In Tosu dengan sikap tenang.
Lima orang pendeta Lama itu kini merangkap kedua tangan di depan dada seperti orang menyembah, kedua mata mereka dipejamkan dan mereka seperti te-lah pulas dalam samadhi.
Sie Liong yang sejak tadi mendengarkan sambil duduk bersila di belakang tiga orang kakek tua renta, diam-diam merasa mendongkol sekali kepada lima orang pendeta Lama itu. Biarpun dia tidak mengerti betul akan urusan di antara kedua go-longan itu, namun dia melihat sikap mereka dan dapat menilai bahwa lima o-rang pendeta Lama itulah yang sombong dan hendak menggunakan kekerasan memaksakan kehendak mereka kepada orang la-in. Sebaliknya, sikap tiga orang tosu itu dianggapnya amat mengalah, hal yang juga membuatnya tidak puas sama sekali. Dia tahu bahwa tiga orang tosu itu me-miliki kesaktian, mengapa harus begitu mengalah terhadap lima orang pendeta Lama yang demikian tinggi hati dan ke-ras" Mengalah sebaiknya dipergunakan menghadapi orang yang baik, sedangkan untuk menghadapi orang-orang yang ja-hat, sepatutnya kalau diambil sikap yang tegas pula! Demikian pikiran Sie Liong yang sudah banyak mengalami pen-deritaan akibat perbuatan yang jahat dan
mengandalkan kekerasan.
Tiba-tiba Sie Liong memandang de-ngan mata terbelalak. Ia mengejap-nge-japkan kedua matanya, lalu menggosok-gosoknya dan memandang lagi. Akan tetapi tetap saja nampak olehnya hal yang dianggapnya tidak mungkin itu. Dia melihat betapa tubuh lima orang pendeta Lama itu perlahan-lahan naik dari atas tanah yang menjadi tempat mereka bersila, dan dalam keadaan masih bersila, lima sosok tubuh pendeta Lama itu naik ke atas sampai setinggi dua kaki dari atas tanah! Mereka seperti terbang atau mengapung di udara, seolah-olah tubuh mereka kehilangan bobot dan menjadi seperti balon kosong beri-si udara yang amat ringan!
"Sam-wi Lojin, lihat! Apakah kalian berani menandingi kesaktian kami?" Thay Ku Lama yang sudah membuka matanya, berseru. Tiga orang tosu itu me-mandang dengan mata
terbelalak. Mereka tahu bahwa memang tingkat lima orang pendeta Lama itu sudah amat tinggi. Untuk dapat melenyapkan bobot seperti itu dan mengapung, membutuhkan tingkat yang sudah tinggi dari samadhi! Akan tetapi, tiba-tiba Sie Liong yang tidak sabar melihat kecongkakan lima orang itu dan tidak ingin melihat tiga orang tosu itu merasa rendah diri dan dikalahkan, berseru dengan suara nyaring.
"Uhhhh! Kalian ini lima orang pendeta Lama yang amat congkak! Apa sih artinya mengapung di udara seperti itu saja" Kacoa-kacoa yang kotor, lalat-lalat yang kotor itupun sanggup menga-pung lebih tinggi dan lebih lama dari pada kalian! Kepandaian kalian itu
di-bandingkan dengan lalat dan nyamuk belum ada seperseratusnya! Andaikata ka-lian pandai terbang sekalipun, masih belum menandingi kemampuan terbang burung gereja yang kecil dan lemah! Dan kalian sudah berani menyombongkan ke-pandaian yang tidak ada artinya itu"
Sungguh, batok kepala kalian yang gun-dul itu agaknya sudah terlampau keras sehingga tidak melihat kenyataan beta-pa kalian bersikap seperti lima orang badut yang tidak lucu!"
Tiga orang tosu itu terkejut bu-kan main! Juga Sie Liong terkejut karena biarpan dia Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 63
mendongkol dan tidak suka kepada lima orang pendeta Lama itu, akan tetapi semua kata-kata itu keluar dari mulutnya tanpa dia sadari, seolah-olah keluar begitu saja dan dikendali-kan oleh kekuatan lain. Seolah-olah bukan dia yang bicara seperti itu, melainkan orang lain yang hanya "meminjam" mulut dan suaranya! Tadinya dia memang berniat untuk mengeluarkan suara menyatakan kedongkolan hatinya dan mengejek lima orang pendeta Lama itu, akan tetapi baru satu kalimat, lalu mulutnya sudah menyerocos terus tanpa dapat dia kendalikan!
Lima orang pendeta Lama itu demi-kian kaget, marah den malu mendengar teguran yang keluar dari mulut kanak-kanak itu dan sungguh luar biasa sekali. Pengaruh ucapan itu membuat mereka goyah dan tak dapat dihindarkan lagi, tubuh merekapun meluncur turun.
Terdengar suara berdebuk ketika pantat lima orang pendeta Lama itu terbanting ke atas tanah!
Tidak sakit me-mang, namun hati mereka yang sakit dan mereka sudah melotot, memandang kepada Sie Liong dan dari mata mereka seolah keluar api yang akan membakar tubuh a-nak bongkok itu.
Akan tetapi, tiba-tiba terdengar suara ketawa, disusul suara yang lem-but namun cukup nyaring. "Ha-ha-ha, sungguh tepat sekali ucapan itu! Lima Harimau Tibet bukan lain hanyalah ba-dut-badut belaka, macan-macan kertas yang hanya dapat menakut-nakuti anak-anak saja!"
Dari belakang tiga orang tosu itu bermunculan banyak orang. Mereka ada-lah lima belas orang murid kepala Kun-lun-pai yang dipimpin oleh dua orang ketua Kun-lun-pai sendiri, yaitu Thian Hwat Tosu dan wakilnya, Thian Khi Tosu dan yang tertawa dan bicara tadi adalah Thian Khi Tosu yang berwatak ke-ras berdisiplin dan jujur.
Lima orang pendeta Lama itu cepat memandang dan ketika mereka melihat o-rang-orang Kun-lun-pai, kemarahan mereka memuncak dan untuk sementara mereka tidak
memperdulikan tiga orang Himala-ya Sam Lojin dan mereka memandang kepada orang-orang Kun-lun-pai itu.
"Hemm, kiranya orang-orang Kun-lun-pai telah berani lancang untuk me-nentang kami Lima Harimau Tibet?"
"Siancai...." Kini Thian Hwat Tosu melangkah maju, menghadapi lima orang pendeta Lama yang sudah bangkit berdiri itu, diikuti oleh Thian Khi Tosu dan lima belas orang murid utama Kun-lun-pai. Thian Hwat Tosu menghadap kepada tiga orang tosu yang masih duduk bersila dengan tenang, memberi hormat dengan kedua tangan di dada dan berkata dengan penuh hormat. "Mohon sam-wi locianpwe sudi memaafkan kami kalau kami mengganggu, karena kami mempunyai suatu urusan dengan Lima Hari-mau Tibet ini."
Pek In Tosu tersenyum dan mewakili dua orang saudaranya menjawab, "Silakan, To-yu dari Kun-lun-pai."
Kini Thian Hwat Tosu menghadapi lagi lima orang pendeta Lama dan de-ngan suara lembut dan sikap hormat dia pun berkata, "Ngo-wi lo-suhu adalah lima orang terhormat dari Tibet.
Agaknya ngo-wi lupa bahwa di sini bukanlah daerah Tibet, melainkan daerah Kun-lun--san.
Kedatangan ngo-wi sudah lama kami dengar, akan tetapi kami tidak ingin mencampuri urusan orang lain. Betapapun juga, setelah mendengar laporan dua orang murid kami yang telah ngo-wi ro-bohkan, kami mengambil keputusan bahwa kami tidak mungkin mendiamkannya saja urusan ini. Kalau dilanjutkan sepak terjang ngo-wi di daerah ini, kami khawatir kalau terjadi bentrokan yang le-bih hebat. Karena itu, Ngo-wi lo-suhu, demi kedamaian, kami mohon dengan hor-mat sudilah kiranya ngo-wi kembali ke Tibet dan tidak melanjutkan tindakan ngo-wi di sini, dan kamipun akan melu-pakan apa yang telah terjadi di sini selama beberapa pekan ini."
Ucapan ketua Kun-lun-pai itu ber-nada halus dan juga sopan, sama sekali tidak ada sikap menyalahkan atau mene-gur, melainkan mengkhawatirkan kalau terjadi kesalahpahaman.
Karena sikap-nya yang lembut ini, kemarahan lima o-rang pendeta Lama itu agak mereda, dan Thay Ku Lama lalu membalas penghormat-an ketua Kun-lun-pai dan diapun berka-ta dengan Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 64
suara yang tegas, namun ti-dak kasar.
"Pai-cu (ketua), kami mengerti a-pa yang kaumaknudkan. Kamipun menerima tugas untuk mencari orang-orang tertentu dan kami sama sekali tidak ingin mengganggu, apa lagi memusuhi Kun-lun-pai selama Kun-lun-pai tidak mencampuri urusan kami. Kalau beberapa hari yang lalu kami terpaksa memberi hajaran ke-pada dua orang murid Kun-lun-pai, hal itu terjadi karena dua orang murid itu mencarapuri urusan kami yang tidak ada sangkut-pautnya dengan mereka. Namun, kami masih memandang muka Pai-cu dan nama besar Kun-lun-pai, kalau tidak demikian, apakah kiranya dua orang murid itu sekarang akan masih tinggal hidup?"
Dalam kalimat terakhir ini jelas sekali Thay Ku Lama menonjolkan kepandaian mereka dan meremehkan kepandaian murid Kun-lun-pai, juga mengandung pandangannya yang congkak.
"Lama yang sombong!" Thian Khi Tosu berseru geram. "Tentu saja dua o-rang murid kami itu bukan lawan kalian karena mereka hanyalah murid kami tingkat tiga yang masih hijau!
Coba yang kauhadapi itu murid-murid utama Kun-lun-pai atau kami sendiri, belum tentu akan dapat mengalahkan dengan semudah itu!"
"Omitohud....! Siapakah yang sombong, kami ataukah Kun-lun-pai" Sungguh, kamipun ingin melihat apakah benar Kun-lun-pai sedemikian tangguh dan lihainya sehingga berani mencampuri urusan kami para utusan Tibet!"
Thian Khi Toou yang memang berwatak keras itu segera menjawab, dengan suara keras.
"Bagus! Lima Harimau Tibet menantang kami dari Kun-lun-pai" Kami bukan mencari
permusuhan. Akan tetapi kalau ditantang, siapapun juga akan kami hadapi!"
"Omitohud....!" Thay Si Lama, orang ke dua dari Lima Harimau Tibet itu berseru. "Kalau begitu majulah dan mari kita buktikan siapa yang lebih unggul di antara kita!"
"Manusia sombong! Aku yang akan maju mewakili Kun-lun-pai!" Thian Khi Tosu hendak melangkah maju, akan tetapi ti-ba-tiba lima belas orang murid utama dari Kun-lun-pai yang terdiri dari pria berusia antara tiga puluh sampai lima puluh tahun, sudah berlompatan ke depan dan seorang di antara mereka berkata kepada Thian Khi Tosu, "Harap suhu ja-ngan merendahkan diri maju sendiri. Ji-wi suhu (guru berdua) adalah tuan-tuan rumah, pimpinan Kun-lun-pai. Masih ada teecu sekalian yang menjadi murid, perlukah ji-wi suhu maju sendiri"
Biar kami yang menghadapi lima orang Lama sombong ini!"
Thian Khi Tosu hendak membantah, akan tetapi suhengnya, Thian Hwat Tosu ketua Kun-lun-pai menyentuh lengannya dan mencegah sehingga wakil ketua itu membiarkan lima belas orang murid uta-ma itu maju. Kalau lima belas orang mu-rid utama itu maju, maka mereka bahkan lebih kuat dari pada dia atau suheng-nya sekalipun. Lima belas orang murid itu merupakan murid utama yang ilmu kepandaiannya sudah matang dan tinggi, apalagi kalau mereka maju bersama. Me-reka itu sudah menciptakan suatu ilmu, dibantu oleh petunjuk guru-guru mereka , yaitu ilmu dalam bentuk barisan yans dinamakan Kun-lun Kiam-tin (Barisan Pedang Kun-lun). Dengan barisan pedang i-ni, mereka dapat menjadi suatu pasukan yang amat kuat sehingga ketika diuji, bahkan dua orang pimpinan Kun-lun-pai itu sendiri terdesak dan tidak mampu mengatasi ketangguhan Kun-lun Kim-tin! Inilah sebabnya
mengapa Thian Hwat Tosu mencegah sutenya turun tangan sendiri. Para murid itu cukup tangguh, bahkan dapat dijadikan batu ujian untuk mengukur sampai di mana kepandaian musuh!
Lima belas orang murid utama Kun-lun-pai itu lalu berlarian menuju ke tempat terbuka, di atas padang rumput yang lapang dan di situ mereka memben-tuk barisan berjajar dengan pedang di tangan masing-masing, kelihatan gagah perkasa dan rapi.
"Lima Harimau Tibet, kami telah siap sedia! Majulah kalau kalian memang hendak memusuhi Kun-lun-pai!" bentak murid tertua yang usianya sudah hampir lima puluh tahun dan menjadi ke-pala barisan pedang itu, berdiri di u-jung kanan.
Melihat ini, lima orang pendeta Lama tersenyum mengejek dan merekapun melangkah maju Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 65
menghadapi mereka, de-ngan borjajar. Setelah mereka berhadapan, lima belas orang murid pertama Kun-lun-pai itu lalu bergerak mengikuti a-ba-aba yang dikeluarkan oleh pemimpin pasukan, dan mereka sudah mengepung lima orang pendeta Lama. Gerakan kaki mereka ketika melangkah amat tegap dan dengan ringan pula, menunjukkan bahwa mereka telah berlatih matang. Melihat ini, lima orang pandeta Lama itupun bergerak membuat suatu bentuk sagi lima dan berdiri saling membelakangi. Bentuk seperti ini memang paling kokoh kuat untuk pembelaan diri, karena mereka berlima dapat menghadapi pengeroyokan banyak lawan dengan cara saling me-lingungi dan tidak akan dapat diserang dari belakang, bahkan serangan dari samping dapat mereka hadapi bersama rekan yang berada di sampingnya. Pendek-nya, pengepungan lima belas orang murid Kun-lun-pai itu berkurang banyak baha-yanya dengan kedudukan lima orang Lama seperti itu.
Lima belas orang murid Kun-lun-pai itu adalah ahli silat yang sudah pan-dai. Mereka tidak berani memandang ri-ngan lima orang lawan mereka. Mereka tahu bahwa kalau bertanding satu lawan satu, di antara mereka tidak akan ada yang mampu menandingi pendeta-pendeta Lama itu yang memiliki tingkat kepan-daian lebih tinggi dari mereka, bahkan mungkin lebih tinggi dari pada tingkat ilmu kepandaian guru-guru mereka, melihat demonstrasi yang mereka perlihat-kan tadi. Namun, mereka mengandalkan keampuhan barisan Kun-lun Kiam-tin dan begitu pimpinan mereka memberi aba-aba lima belas orang itu bergerak, mulai dengan penyerangan mereka yang serentak! Memang hebat gerakan para murid Kun-lun-pai ini.
Pedang mereka berkelebatan seperti kilat menyambar-nyambar. Ilmu pedang Kun-lun-pai memang terkenal hebat, dan kini mereka bukan hanya me-ngandalkan ilmu pedang masing-masing, bahkan diperkuat oleh kerapian ba-risan yang teratur sehingga begitu me-nyerang, kekuatan mereka terpadu, ba-gaikan gelombang samudera yang mener-jang ke depan dengan dahsyatnya!
Lima orang pendeta Lama itu telah siap siaga. Dengan gerakan cepat sehingga sukar diikuti pandang mata, tangan mereka bergerak dan tahu-tahu mereka telah memegang senjata masing-masing, Thay Ku Lama si muka codet sudah meme-gang sebatang golok tipis yang tadinya disembunyikannya di balik jubah merah yang longgar dan panjang itu. Thay Si Lama si muka bopeng sudah memegang se-batang cambuk hitam seperti cambuk penggembala
lembu. Thay Pek Lama si muka pucat sudah memegang sepasang pedang yang tipis dan mengeluarkan caha-ya kehijauan. Thay Hok Lama si mata satu sudah memegang sebatang rantai baja yang tadi dipakai sebagai sabuk, se-dangkan Thay Bo Lama sudah memegang sebatang tombak. Lama kurus kering ini memiliki sebatang tombak yang dapat dilipat dan ditekuk menjadi tiga bagian dan diselipkan di pinggang tertutup jubah. Kini, tombak itu diluruskan dan menjadi sebatang tombak yang panjang-nya sama dengan tubuhnya.
Dalam penyerangan pertama yang serentak dilakukan oleh para murid Kun-lun-pai kepada lima orang lawan mereka itu membuat setiap orang pendeta Lama diserang oleh tiga orang lawan. Mereka berlima tidak menjadi gugup dan mereka pun menggerakkan senjata mereka menangkis. Terdengar suara nyaring berden-ting-denting disusul bunga-bunga api berpijar menyilaukan mata ketika lima -belas batang pedang itu tertangkis o-leh senjata lima orang pandeta Lama. Karena memang tenaga sin-kang dari pa-ra pendeta Lama itu lebih kuat, maka banyak di antara pedang yang menyerang itu terpental keras dan pemegangnya merasa betapa lengan mereka tergetar he-bat! Namun, pimpinan mereka memberi aba-aba dan mereka melanjutkan serangan sampai bergelombang baberapa kali, namun selalu dapat ditangkis oleh lima orang pendeta Lama, bahkan yang tera-khir kalinya, lima orang pendeta Tibet itu mengerahkan tenaga mereka, membuat lima belas orang penyerang itu terdo-rong ke belakang bahkan ada yang ham-pir jatuh setelah terhuyung-huyung. Kesempatan ini dipergunakan oleh lima Harimau Tibet itu untuk membalas serang-an pihak lawan yang jumlahnya tiga ka-li lebih banyak dari jumlah mereka itu. Thay Ku Lama yang merupakan orang pertama dari Lima Harimau Tibet, memu-tar goloknya den golok itu seperti ki-lat menyambar-nyambar, Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 66
menyerang siapa saja di antara pihak lawan terdekat. Thay Si Lama, si muka bopeng, juga meng-gerakkan cambuknya dan terdengar cambuk itu meledak-ledak di atas kepala para murid Kun-lun-pai. Thay Pek Lama memutar sepasang padangnya yang beru-bah menjadi dua gulungan sinar terang. Thay Hok Lama juga memutar rantai baja di tangannya dan senjata istimewa ini menyambar-nyambar ke sekelilingnya, seperti jari-jari maut. Orang ke lima, Thay Bo Lama yang kurus kering itu menggerakkan tombaknya dan terdengar-lah suara mendengung-dengung karena si kurus kering ini memiliki tenaga raksasa.
Biarpun lima belas orang murid utama Kun-lun-pai dapat pula menghindarkan diri dari cengkeraman maut yang disebarkan oleh Tibet Ngo-houw dengan cara saling melindungi dan saling membantu, namun mereka terdesak hebat dan hanya mampu mempertahankan diri saja terhadap serangan lima orang pendeta Lama yang bertubi-tubi itu datangnya. Jelas nampak pertempuran yang tidak seimbang sama sekali. Lewat dua puluh jurus lebih, dari lima belas orang murid utama Kun-lun-pai itu, hanya sepuluh orang yang masih mampu melawan, karena yang lima orang sudah terjungkal roboh ter-kena sambaran senjata lawan. Sepuluh orang ini mempertahankan diri mati-matian, namun kalau dilanjutkan, jelas bahwa merekapun akan roboh seperti yang dialami lima orang saudara mereka.
Tiba-tiba berkelebat bayangan dua orang dan terdengar bentakan nyaring.
"Tahan senjata!" Ketika sepuluh orang murid utama Kun-lun-pai melihat bahwa yang maju adalah kedua orang gu-ru mereka, maka merekapun berloncatan ke belakang dan sebagian segera meno-long lima orang saudara mereka yang tadi terluka. Lima orang pendeta Lama juga menahan senjata mereka dan kini me-reka memandang dengan senyum mengejek kepada dua orang pimpinan Kun-lun-pai itu.
"Pinto Thian Khi Tosu dan suheng Thian Hwat Tosu menantang kalian untuk mengadu
kepandaian seorang lawan seorang!" bentak Thian Khi Tosu yang ber-tubuh besar itu dengan garang.
Mendengar ini, lima orang pendeta Lama itu saling pandang lalu Thay Ku Lama tertawa sambil melangkah maju. "Omitohud....! Dua orang tosu pimpinan Kun-lun-pai sungguh mau menang dan mau enak sendiri saja! Tadi, mereka membi-arkan lima belas orang muridnya untuk mengeroyok kami berlima, sekarang bicara tentang mengadu kepandaian seorang lawan seorang!"
Wajah Thian Khi Tosu menjadi ma-rah. "Bagus! Jangan kalian mengira bahwa pinto takut menghadapi pengeroyokan. Kalau kalian berlima hendak maju mengeroyok, silakan!"
"Sute, harap tenangkan hatimu!" Tiba-tiba Thian Hwat Tosu menegur sutenya dan ketua Kun-lun-pai ini melang-kah maju dan memberi hormat kepada li-ma orang Lama dari Tibet itu.
"Siancai.... pinto berdua mohon maaf kepada Ngo-wi. Maafkan para murid kami tadi yang lan-cang turun tangan, mengeroyok kepada Ngo-wi. Akan tetapi, mereka itu hanya-lah orang-orang muda yang kurang pengalaman dan terima kasih atas pelajaran yang Ngo-wi berikan kepada mereka. Pinto berdua sute yang kebetulan menjadi pimpinan Kun-lun-pai,
bertanggung jawab terhadap semua urusan Kun-lun-pai. Agar pertentangan antara Ngo-wi dan kami tidak berlarut-larut, biarlah ka-mi berdua sebagai pimpinan Kun-lun-pai mewakili perkumpulan kami untuk menentukan apakah Kun-lun-pai masih mampu mempertahankan
kedaulatannya di daerah Kun-lun-san ini. Kalau kami ternyata tidak mampu menandingi Ngo-wi dalam pertandingan yang adil, satu lawan sa-tu, biarlah kami akan mundur dan selanjutnya Kun-lun-pai tidak lagi akan menghalangi semua sepak terjang Ngo-wi."
Ucapan yang panjang itu terdengar halus, namun mengandung tantangan, ju-ga teguran, disamping janji.
"Omitohud.... Bagus sekali kalau ketua Kun-lun-pai sendiri yang berjan-ji begitu. Memang cukup adil! Kita go-longan persilatan memang hanya mempu-nyai satu aturan, yaitu siapa yang lebih kuat dia berhak menentukan peraturan. Kalau kami kalah oleh ketua Kun-lun-pai, biarlah kami angkat kaki dari sini, kecuali kalau diantara kami masih ada yang mampu Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 67
menandingi ketua Kun-lun-pai. Thay Si sute, temani aku untuk bermain-main dengan dua orang tosu ini sebentar."
Thay Si Lama, si muka bopeng, sambil tersenyum melangkah maju mendam-pingi
suhengnya, yaitu They Ku Lama, sambil melintangkan cambuknya di de-pan dada. Thay Ku Lama sendiri sudah sejak tadi mempersiapkan golok yang dipegang terbalik dan bersembunyi di balik lengannya.
"Ha-ha-ha." Orang ke dua dari Tibet Ngo-houw yang mukanya bopeng ini tertawa. "Ini baru pertandingan yang menarik, suheng, tidak main keroyok seperti tadi."
Thian Khi Tosu menghadapi Thay Si Lama dan Thay Si Lama yang melihat wakil ketua Kun-lun-pai ini tidak bersenjata, segera meletakkan cambuknya di atas kepala dan berseru, "Tosu, keluarkan senjatamu!"
Akan tetapi sebelum kedua pihak bergerak menyerang, Pek In Tosu yang tadi masih duduk bersila bersama dua orang kawannya, kini sudah bangkit ber-diri dan sekali tubuhnya bergerak, tubuh itu sudah melayang dan berdiri di antara dua orang tosu dan dua orang Lama itu. Dangan sikap tenang dan wajah ramah dia menghadapi dua orang tosu Kun-lun-pai dan suaranya terdengar lembut.
"Toyu, pinto harap toyu dapat menjaga nama baik Kun-lun-pai. Kami per-nah mendengar bahwa Kun-lun-pai adalah perkumpulan orang-orang gagah yang ti-dak mencampuri urusan orang lain. Ka-lau sekali ini Kun-lun-pai mencampuri urusan para Lama dari Tibet, berarti Kun-lun-pai membahayakan nama baiknya sendiri. Ketahuilah bahwa para pendeta Lama dari Tibet ini datang ke Kun-lun-pai sama sekali bukan untuk memusuhi Kun-lun-pai, melainkan untuk mencari kami yang dulu disebut Himalaya Sam Lojin. Karena kami dari Himalaya pindah ke Kun-lun-san ini untuk mencari tem-pat sunyi dan damai, maka mereka mengejar ke sini dan sama sekali tidak ada sangkut pautnya dangan pihak Kun-lun-pai. Kalau sekarang Kun-lun-pai mencampuri, bukankah itu berarti Kun-lun-pai terlalu iseng dan membahayakan nama baiknya sendiri" Karena itu, kami berti-ga minta agar Kun-lun-pai suka mundur dan menutup semua pintu, tidak membiarkan anak muridnya mencampuri urusan o-rang luar."
Mendengar ucapan kakek berpakaian putih dan berambut putih ini, dua orang ketua Kun-lun-pai saling pandang. Ucapan itu memang tepat dan benar. Dua orang murid tingkat tiga mereka memang bentrok dangan dua orang dari Lima Harimau Tibet, akan tetapi hal itu terjadi karena murid-murid itu mencampuri urusan para pendeta Lama. Kalau kini pertandingan dilanjutkan dan mereka sampai kalah, suatu hal yang amat bo-leh jadi mengingat saktinya lima orang pendeta Lama itu, nama besar Kun-lun-pai akan jatuh! Sebaliknya andaikata mereka menang, berarti mereka menanam bibit permusuhan dangan para pendeta Lama di Tibet dan hal itu sungguh amat berbahaya sekali! Para pendeta Lama di bawah Dalai Lama bukan hanya merupakan sekelompok pemimpin agama yang memiliki ilmu kepandaian tinggi, bahkan juga menjadi pucuk pimpinan negara itu sendiri! Bermusuhan dangan para pendeta Lama sama dengan bermusuhan dangan se-luruh rakyat Tibet! Jelaslah bahwa u-capan Pek In Tosu tadi menyadarkan mereka akan dua kemungkinan yang sama-sama amat merugikan Kun-lun-pai itu. Me-nang atau kalah, akibatnya amat buruk bagi Kun-lun-pai dan sungguh tidak se-padan dangan sebabnya, yang pada hake-katnya juga salah murid mereka sendiri.
"Siancai....!" kata Thian Hwa Tosu sambil menjura. "Sungguh ucapan yang amat bijaksana, dan kami akan menjadi orang-orang yang tidak mengenal budi kalau tidak mentaatinya.
Terima kasih atas nasihat itu, locianpwe. Dan ke-pada para Lama, kami mohon maaf dan sejak saat ini, Kun-lun-pai tidak lagi mancampuri urusan kalian. Sute, ajak semua murid untuk kembali ke asrama!" Ucapan terakhir ini merupakan perintah dan biarpun mukanya merah karena pena-saran dan marah, Thian Khi Tosu tidak berani membantah perintah suhengnya. Diapun mengajak semua murid untuk per-gi mengikuti ketua mereka, membawa me-reka yang terluka, pulang ke benteng Kun-lun-pai dan selanjutnya pintu ban-teng atau asrama itu ditutup rapat-ra-pat!
Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 68
Setelah semua orang Kun-lun-pai pergi, Thay Ku Lama yang memimpin Ti-bet Ngo-houw itu tertawa. "Ha-ha-ha, sungguh luar biasa! Himalaya Sam-lo-jin malah membantu kami
sehingga pekerjaan kami menjadi lebih ringan me-nyingkirkan penghalang berupa Kun-lun-pai! Bagus sekali! Kamipun bukan orang-orang yang tidak ingat budi. Karena kalian telah memperlihatkan sikap baik, Sam-lojin, dengan menyadarkan Kun-lun-pai sehingga mereka tidak menentang kami, maka kamipun menawarkan jalan da-mai untuk kalian. Marilah kalian ikut dangan kami, sebagai tamu undangan a-gar kami hadapkan kepada yang mulia Dalai Lama di Tibet. Kami tidak akan menganggap kalian sebagai tawanan, melainkan tamu undangan. Bagaimana?"
Kini tiga orang kakek itu sudah bangkit berdiri semua dan Pek In Tosu juga tersenyum ramah ketika menjawab, "Siancai....! Terima kasih atas niat baik itu. Akan tetapi sungguh sayang dan maafkan kami, Ngo-wi Lama, bahwa terpakna sekali kami tidak dapat menerima
undangan terhormat itu."
Wajah They Ku Lama yang tadinya tersenyum, seketika berubah keruh dan alisnya berkerut, perutnya yang gendut itu bergerak-gerak menggelikan. Akan tetapi siapa yang telah mengenalnya baik-baik, maklum betapa hebatnya perut gendut itu! Yang membuat perut gendut itu bergerak-gerak seolah-olah di dalamnya ada bayi dalam kandungan itu, sebetulnya adalah ilmu pukulan Hek-bin Tai-hong-ciang itu, yang dilakukan sambil berjongkok dan perutnya mengeluar-kan bunyi kok-kok seperti seekor katak besar!
"Hem, apakah yang memaksa kalian monolak undangan kami yang kami laku-kan dengan merendahkan diri?" tanyanya dongan suara membentak.


Kisah Pendekar Bongkok Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Pek In Tosu masih bersikap halus dan ramah, "Pertama, kami adalah tiga orang yang sudah tua dan lemah, dan setua ini kami hanya ingin menikmati kehidupan yang tenang sehingga undangan terhormat itu tidak dapat kami terima karena kami tidak sanggup melakukan perjalanan sejauh itu ke Tibet. Ke dua, kami merasa tidak mempunyai urusan apapun dangan Dalai Lama, sehingga andaikata beliau mempunyai kepentingan dengan kami, sepatutnya Dalai Lama yang datang ke sini menemui kami, bukan kami yang diundang ke sana karena bagaimanapun juga, kami bukanlah anggautanya maupun rakyatnya. Nah, itulah sebabnya mengapa kami tidak dapat menerima undengan itu."
"Mau atau tidak, menerima atau menolak, kalian bertiga tetap harus ikut bersama kami ke Tibet!" bentak Thay Bo Lama, seorang di antara mereka yang tubuhnya kurus kering dan wataknya me-mang keras. "Kalau perlu, kami menggu-nakan kekerasan!"
Pek In Tosu mengangguk-angguk sambil tersenyum dan mengelus jenggotnya.
"Siancai.... sudah kuduga demiki-an. Katakan saja bahwa kalian datang ini untuk membunuh kami, tidak perlu memakai banyak macam alasan."
"Benar! Kami memang hendak membunuh kalian!" bentak Thay Ku Lama yang sudah
menerjang dengan goloknya, dii-kuti oleh empat orang adik seperguruannya yang
mempergunakan senjata masing-masing.
Himalaya Sam Lojin tentu saja cepat mengelak dan terjadilah perkelahi-an mati-matian. Akan tetapi, tiga o-rang kakek itu sama sekali tidak ber-senjata. Biarpun mereka adalah tokoh-tokoh besar dalam dunia persilatan dan memiliki ilmu kepandaian tinggi, pan-dai mempergunakan segala macam senjata namun sudah sejak belasan tahun mereka tidak pernah menyentuh senjata, apalagi membawa-bawa senjata. Memikirkan tentang perkelahian sajapun tidak per-nah. Selain itu, juga bagi seorang yang sudah ahli benar dalam ilmu si-lat, menggunakan senjata ataukah tidak sama saja karena kaki tangan mereka sudah merupakan senjata yang paling ampuh. Tiga orang kakek Himalaya ini sudah memiliki tingkat kepandaian yang amat tinggi, baik ilmu silatnya, maupun tenaga sakti mereka yang sudah matang. Selain itu, juga mereka memiliki keku-atan batin yang mampu menghadapi saga-la macam kekuatan sihir atau ilmu hi-tam. Akan tetapi, mereka telah puluhan tahun tidak pernah berkelahi, tidak pernah mempergunakan ilmu-ilmunya un-tuk bertentangan apa lagi saling se-rang dengan Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 69
orang lain. Bahkan selama ini mereka hanya tekun memerangi semua nafsu sendiri dalam kerinduan mereka kepada Tuhan, keinginan mereka untuk kembali kepada "sumbernya", bagaikan titik-titik air yang ingin kembali ke lautan. Maka, kini menghadapi serangan lima orang lawan yang sakti, mereka i-tu kurang gairah dan kurang semangat, hanya lebih banyak membela atau melindungi diri mereka sendiri saja, sama sekali tidak ada nafsu untuk meroboh-kan lawan walaupun andaikata ada nafsu itupun tidak akan mudah bagi mereka untuk merobohkan Tibet Ngo-houw.
Di lain pihak, lima orang pendeta Lama dari Tibet itupun merupakan orang-orang yang sudah matang ilmu kepandaian mereka. Bukan hanya keahlian ilmu silat tingkat tinggi mereka miliki, a-kan tetapi juga tenaga sin-kang mereka amat kuat dan disamping itu, mereka-pun pandai ilmu sihir. Thay Ku Lama memiliki pukulan Hek-in Tai-hong-ciang yang
mengeluarkan tenaga dari pusat dasar perutnya yang gendut dan pukulan-nya ini amat berbahaya, selain kuat mampu merontokkan isi perut lawan, ju-ga mengandung hawa beracun yang ganas. Adapun orang ke dua, Thay Si Lama, disamping permainan cambuknya yang dah-syat, juga memiliki ilmu Sin-kun Hoat-lek, ilmu silat yang mengandung kekuatan sihir.
Orang ke tiga, Thay Pek Lama merupakan ahli sepasang pedang yang memiliki gin-kang (ilmu meringankan tu-buh) yang luar biasa, membuat dia da-pat bergerak seperti terbang saja.
Thay Hok Lama, orang ke empat yang bermata tunggal itu, selain berbahaya se-kali permainan senjata rantai bajanya, juga merupakan seorang ahli racun yang mengerikan.
Kemudian orang ke lima, Thay Bo Lama, biarpun kurus kering, namun tenaganya raksasa dan dia pandai sekali memainkan senjata tombaknya. Dan yang lebih daripada semua itu, ke lima orang Lama ini berkelahi penuh semangat, penuh gairah untuk merobohkan lawan. Inilah yang membuat mereka ber-bahaya sekali.
Sebetulnya kalau dibuat perban-dingan, tingkat kepandaian masing-massing hampir
seimbang, namun pihak Himalaya Sam Lojin masih lebih tinggi. An-daikata mereka itu bertanding satu lawan satu, kiranya tidak ada seorangpun dari para Lama itu mampu mengalahkan kakek-kakek Himalaya itu. Akan tetapi, mereka bertanding berkelompok, lima melawan tiga sehingga Himalaya Sam Lojin dikeroyok, dan seperti telah dise-butkan tadi, tiga orang kakek itu ka-lah jauh dalam hal gairah dan semangat untuk merobohkan lawan. Oleh karena i-tu, setelah melalui pertandingan selama puluhan jurus, tiga orang kakek Himalaya itu mulai nampak terdesak. Di antara mereka bertiga, nampaknya hanyalah Pek Bin Tosu yang bermuka hitam, yang berkelahi dengan semangat, memba-las setiap serangan lawan dengan se-rangan pula. Memang, orang ke tiga da-ri Himalaya Sam Lojin ini terkenal me-miliki watak yang keras, jujur dan terbuka, tidak seperti dua orang kakek lainnya yang lemah lembut, ramah dan ha-lus.
Hanya Sie Liong seorang yang me-nyaksikan pertandingan yang amat he-bat ini. Anak berusia tiga belas tahun ini sejak tadi masih duduk bersila dan menonton dengan bengong.
Matanya tak berkedip sejak tadi, mulutnya ternga-nga. Matanya yang tidak terlatih itu sukar untuk dapat mengikuti gerakan delapan orang kakek yang sakti itu. Seo-lah-olah hanya melihat tari-tarian aneh yang dilakukan oleh delapan bayangan, tiga bayangan putih dan lima ba-yangan merah. Bahkan kadang-kadang ge-rakan mereka itu demikian cepat sehingga yang nampak olehnya hanyalah warna putih dan merah berkelebatan sehingga dia tidak tahu apakah yang sedang mereka lakukan, dan kalau mereka itu berkelahi, diapun tidak tahu siapa yang unggul dan siapa pula yang terdesak. Akan tetapi satu hal dia merasa pasti bahwa tiga orang kakek berpakaian putih itu adalah orang-orang yang baik. Sedang-kan lawan mereka, lima orang berpakai-an merah adalah orang-orang yang jahat. Otomatis hatinya condong berpihak kepada tiga orang kakek berpakaian putih walaupun dia tidak tahu bagaimana dia akan dapat membantu mereka.
Saking tertarik hatinya, penuh ketegangan dan kekhawatiran kalau-kalau tiga orang kakek yang didukungnya itu akan kalah, Sie Liong sampai lupa akan keadaan dtrinya sendiri.
Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 70
Biarpun tiga orang kakek berpakaian putih itu telah berusaha untuk mengobatinya, namun da-danya yang sebelah kiri masih terasa nyeri dan napasnya kadang-kadang sesak. Pukulan yang mengenai tubuhnya, sebetulnya hanya angin pukulannya saja, amatlah hebat dan menurut percakapan antara tiga orang kakek berpakaian putih itu dia mengerti bahwa dia telah terkena hawa pukulan beracun yang amat ampuh dari seorang di antara lima o-rang pendeta Lama itu.
Pertempuran itu kini sudah menca-pai puncaknya. Delapan orang kakek itu agaknya sudah mengerahkan seluruh tenaga dan kepandaian mereka, yang tiga orang untuk membela diri, yang lima o-rang berkeras hendak merobohkan mereka. Kalau tadi Sie Liong dibuat pusing o-leh bayangan putih dan merah yang bar-kelebatan, kini dia terpaksa bangkit berdiri dan karena dia masih lemah dan kepalanya pening, dia terhuyung. Namun dia tetap memaksa dirinya melangkah menjauhkan diri karena ada angin pukulan menyambar-nyambar dangan amat dahsyatnya. Tidak urung, masih ada juga angin dahsyat menyambar dan tak dapat dicegah lagi, tubuh Sie Liong terkena sambaran angin dahsyat ini dan diapun terjungkal dan terguling-guling!
Tubuhnya berhenti karena tertahan oleh sesuatu. Ketika dia membuka matanya untuk memandang, mata yang melihat segala sesuatu agak kabur, dia malihat bahwa dia berhenti terguling-guling karena tertahan oleh sepasang kaki dan sebatang tongkat butut! Dia membelalakkan matanya agar dapat memandang lebih jelas lagi. Memang sepasang kaki, akan tetapi kaki yang buruk sekali. Kaki telanjang, jari-jari kakinya jelek, ko-tor, kasar dan merenggang seperti jari kaki ayam. Makin ke atas, semakin je-lek karena kaki itu hanya kulit kering kerontang membungkus tulang dan sampai ke betis mulai tertutup celana yang terbuat dari kain kasar dan penuh tambalan pula. Ketika Sie Liong menengadah, dia melihat bahwa sepasang kaki itu adalah milik seorang kakek berpakaian jembel yang wajahnya buruk, yang menyeringai dengan mulut yang ti-dak bergigi lagi, rambutnya riap-riap-an berwarna putih, sepasang matanya mengeluarkan sinar aneh sekali. Sie Li-ong terkejut dan berusaha untuk bang-kit berdiri, akan tetapi dia terguling lagi dan roboh. Maka diapun lalu duduk saja bersila, tidak memperduilkan lagi apakah dia akan terancam ataukah tidak.
"Heh-heh-heh....!" Kakek itu ter-kekeh geli dan tongkat bututnya barge-rak ke sekeliling tubuh Sie Liong, membuat guratan di atas tanah mengelilingi Sie Liong dan nampaklah garis yang cukup dalam, lingkaran dangan garis tengah dua meter lebih. "Engkau tinggal-lah saja di dalam ruangan ini dan sia-papun tidak akan mampu mengganggumu, anak bongkok!"
Sie Liong mendongkol. Agaknya dia bertemu dengan seorang jembel tua yang gila. Akan tetapi kepalanya terlalu pening, tubuhnya sakit-sakit karena terguling-guling tadi dan diapun tidak menjawab, hanya membuka mata mononton pertempuran yang masih berjalan terus.
Agaknya kakek jembel itupun kini tidak memperdulikan dia, melainkan ikut pula menonton sambil kadang-kadang mengelu-arkan suara terkekeh aneh. Dia berdiri pula di dalam lingkaran itu, di sebelah belakang Sie Liong. Ketika kakek itu terkekeh-kekeh geli menonton pertempuran, tiba-tiba Sie Liong merasa kepala-nya, leher dan mukanya kejatuhan air.
Wah, hujankah" Pikiran ini membuat dia menengadah, akan tetapi sungguh sial, pada saat itu, entah mengapa, si kakek jembel tertawa semakin keras. Sie Liong basah semua! Kiranya hujan itu turun dari mulut si kakek. Karena mulut itu tidak bergigi lagi, agaknya ketika tertawa-tawa, maka air ludahpun memercik keluar dari mulut yang tidak dilindungi pagar gigi lagi itu!
Sie Liong makin mendongkol. Dia mengusap muka, leher dan kepalanya, menggunakan
lengan bajunya, dan biar-pun kepalanya pening, dia memaksa diri untuk bangkit dan untuk pergi menjauhi kakek gila itu. Akan tetapi, tiba-tiba saja kepalanya diketuk dengan tongkat.
"Tokk!" Dan diapun jatuh terduduk kembali! Ketukan dengan tongkat itu tidak mendatangkan rasa nyeri, akan tetapi seolah-olah kepalanya ditekan oleh sesuatu yang amat berat dan kuat, yang membuatnya jatuh lagi. Beberapa kali dia mencoba bangun, namun setiap kali kepalanya Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 71
diketuk tongkat! Akhirnya, biar dia marah dan mendongkol, Sie Liong duduk dan tidak lagi bangkit, apalagi karena pertempuran itu kini mulai mendekati tempat dia duduk di atas ta-nah dalam lingkaran garis itu.
Memang terjadi perubahan dalam pertempuran tingkat tinggi itu. Akhirnya Himalaya Sam Lojin kewalahan juga menghadapi desakan lima orang lawan mereka yang mempergunakan segala daya, ilmu silat, sihir, bahkan racun, untuk mengalahkan mereka. Mereka bertiga terdesak dan sambil mengelak ke sana-sini kadang-kadang menangkis dengan kebutan ujung lengan baju atau juga dengan ta-ngan mereka yang kebal, mereka terus mundur. Tiba-tiba terdangar bentakan-bentakan nyaring keluar dari mulut pa-ra pendeta Lama dan Sie Liong melihat betapa tiga orang kakek berpakaian pu-tih terhuyung dan ada tanda merah di pakaian mereka yang putih. Darah! Tiga orang kakek itu agaknya terluka! Akan tetapi, mereka masih terua melawan. Kini pertempuran makin mendekati garis lingkaran dan tiba-tiba, seorang di antara kakek berpakaian putih meloncat dan kakinya menginjak sebelah dalam lingkaran.
Tiba-tiba tongkat butut kakek jembel itu bergerak mendorong punggung kakek yang
"melanggar" lingkaran itu dan tubuh kakek berpakaian putih itupun tordorong keluar!
Ketika para anggauta Tibet Ngo-houw dengan penuh semangat dan nafsu mendesak terus, tiga orang kakek berpakaian putih itu berlompatan dan agak-nya mereka tidak berani menginjak lingkaran! Tidak demikian dengan para pen-data Lama. Ada dua orang yang tanpa sengaja menginjak garis lingkaran, yaitu Thay So Lama dan Thay Hok Lama. Begitu melihat Thay So Lama, si kurus kering yang bertenaga raksana itu memasuki lingkaran, kakek jembel lalu menggerakkan tongkat bututnya, seperti tadi mendorong dan tubuh pendeta Lama itupun terdorong keluar. Pada saat itu, Thay Hok Lama juga masuk ke dalam lingkaran, kembali dia tordorong keluar oleh tongkat butut.
Keduanya menoleh dan Thay Bo Lama marah sekali. Dia memutar tombaknya dan karena dia mengira bahwa anak bongkok itu yang usil tangan, tombaknya menyerang ke arah Sie Liong.
Bagaikan a-nak panah meluncur dari busurnya, tom-bak itu menusuk ke arah leher Sie Liong.
Anak ini tidak tahu bahwa bahaya maut mengancam nyawanya.
"Trakkk!" Tombak itu terpental ketika bertemu dengan tongkat butut. Thay Bo Lama terbelalak, tidak mengira sama sekali bahwa ada seorang kakek jembel yang mampu membuat tombaknya terpental dengan tangkisan tongkat bu-tut. Padahal, dia memiliki tenaga ga-jah yang sukar dilawan. Pada saat itu, Thay Hok Lama yang juga marah, menga-yun rantai bajanya ke arah kakek jembel. Kakek jembel itu terkekeh keras dan kembali kepala Sie Liong kehujanan dan begitu kakek jembel itu menggerakkan tangan kiri, ujung rantai baja itu sudah ditangkap dan ditariknya. Thay Hok Lama tiba-tiba merasa ada tenaga dahsyat membetotnya sehingga tertarik mendekat dan tongkat butut itu menyambar ke arah kepalanya.
"Tokkk!" Kepala Thay Hok Lama yang gundul kena dikemplang dan seketika muncul telur ayam di kepala yang gun-dul itu! Thay Hok Lama meraba kepala-nya yang dikemplang itu dengan tangan kiri dan diapun terbelalak keheranan. Kepalanya sudah kebal, bahkan dibacok golok saja tidak akan terluka. Kenapa kini dikemplang sebatang tongkat butut saja dapat menjadi bengkak dan menjen-dol sebesar telur ayam" Nyeri sekali memang tidak, akan tetapi hatinya yang amat nyeri karena dia merasa dihina. Thay Bo Lama yang melihat rekannya dikemplang, menjadi marah dan biarpun tadi dia terkejut oleh tangkisan tongkat butut, kini dia menyerang lagi dengan tusukan tombaknya ke arah perut kakek jembel.
"Waduh, jebol perut ini...." teri-ak kakek jembel dan tombak itu benar-benar mengenai perutnya dan tembus! A-kan tetapi, tidak ada darah keluar, tidak ada usus keluar dan tiba-tiba kepala Thay Bo Lama kena dikemplang tongkat butut.
"Takkk!" Dan seperti juga kepala Thay Hok Lama, kini kepala Thay Bo La-ma yang gundul muncul pula sebuah te-lur ayam! Ketika Thay Bo Lama mengerahkan kekuatan batinnya memandang, ternyata tombaknya sama sekali tidak me-nembus perut kakek jembel itu, melain-kan menembus baju jembel yang kedodor-an dan tadi hanya merupakan suatu
Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 72
per-mainan sihir saja. Anehnya, kenapa dia yang ahli sihir sampai dapat dipermainkan seperti itu"
Sementara itu, tiga orang pendeta Lama yang kini menghadapi tiga orgng kakek Himalaya, tentu saja merasa be-rat kalau melawan seorang dengan seorang. Dua orang rekannya meninggalkan mereka dan sibuk mengurusi kakek jem-bel!
"Si-sute dan Ngo-sute (adik seperguruan ke empat dan ke lime), hayo bantu kami!" teriak Thay Ku Lama. Dua o-rang itu, Thay Hok Lama dan Thay Bo La mengelus-elus kepala
mereka yang benjol, akan tetapi mereka sadar bahwa mereka berhadapan dengan seorang jembel yang amat sakti, maka merekapun kini hendak membantu rekan-rekan mereka yang agaknya kewalahan juga menghadapi Himalaya Sam Lojin. Akan tetapi pada saat itu, terdangar seruan yang halus.
"Siancai....! Tidak malukah kalian ini lima orang pendeta yang mestinya menjahui kekerasan, kini malah mempergunakan kekeranan untuk menyerang orang lain?"
Lima orang pendeta Lama itu terkejut karena suara yang halus itu mengandung wibawa yang amat besar, bahkan mengandung getaran tenaga khi-kang yang terasa menggetarkan jantung, maka merekapun berloncatan mundur untuk mamandang siapa yang muncul itu. Kiranya seorang kakek tua renta, usianya tentu sudah tujuh piluh lima tahun, rambutnya putih semua riap-riapan, kumis dan jenggotnya juga putih, tubuhnya tinggi kurus dan tegak, wajahnya segar, pakaiannya berwarna kuning yang hanya dilibatkan dan dililitkan pada tubuhuya, tangan kanannya memegang sebatang tongkat butut.
"Supek....!" Himalaya Sam Lojin cepat memberi hormat kepada kakek itu.
"Heh-heh-heh, kalau suheng yang muncul, semua akan menjadi beres penuh damai, heh-heh-heh!" Kakek jembel bar-seru sambil terkekeh dan kembali Sie Liong kehujanan! Himalaya San Lojin memberi hormat kepada kakek jembel itu.
"Terima kasih atas bantuan susiok!"
"Heh-heh, siapa yang bantu siapa" Aku hanya membuat ruangan untuk anak bongkok ini, ternyata ada Lama jubah merah berani melanggar, tentu saja kukemplang kepalanya, heh-heh!"
Lima Harimau Tibet terkejut bukan main. Mereka belum mengenal Pek-sim Sian-su, kakek berpakaian kuning itu, dan juga tidak mengenal Koay Tojin, kakek jembel yang aneh itu, akan tetapi mendengar bahwa dua orang itu adalah su-pek (uwa perguruan) dan susiok (paman perguruan) dari Himalaya Sam Lojin, tentu saja mereka merasa gentar. Baru Himalaya Sam Lojin saja sudah merupakan lawan yang sukar dirobohkan, apalagi muncul paman guru dan uwa gurunya! Apa lagi Thay Hok Lama dan Thay Bo Lama yang masih merasa bekas ketukan tong-kat pada kepala mereka yang menjadi benjol. Masih terasa berdanyutan kepa-la itu!
"Kalian ini para tosu sombong se-lalu menentang kami!" bentak Thay Ku -Lama dengan marah, akan tetapi juga gentar untuk turun tangan.
"Siancai....!" Pek-in Tosu yang terluka pundaknya, berdarah sedikit, berkata sambil menarik napas panjang. "Thay Ku Lama, bukankah omonganmu itu sengaja kauputar-balikkan" Sejak kapan kami memusuhi kalian" Siapakah yang menyerang, membunuhi para pertapa yang tidak bersalah apapun di Himalaya" Kami sudah mengalah, mengungsi ke Kun-lun-san. Siapa pula yang mengundang kalian datang untuk menangkapi bahkan mengancam untuk
membunuh kami dan para pertapa di sini pula?"
"Kami hanya menerima perintah da-ri Yang Mulia Dalai Lama!" bentak Thay Ku Lama.
"Kami harus menangkap Himalaya Sam Lojin untuk mempertanggung-jawabkan
pemberontakan dan pembunuhan yang dilakukan mendiang guru kalian!"
"Siancai....!" Pek-sim Sian-su berkata, suaranya halus namun kembali lima orang Lama itu bergidik kareng isi dada mereka tergetar hebat. Mereka terpaksa mencurahkan perhatian dan me-ngerahkan tenaga untuk melindungi diri sambil memandang kepada kakek tinggi kurus itu. "Sungguh aneh sekali! Mendiang sute menentang para Lama yang hen-dak memaksa Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 73
seorang anak dusun dan hendak diculik. Dalam pertempuran itu, ti-ga orang Lama tewas. Apa anehnya dalam hal itu" Kalau sute kalah, tentu dia yang tewas! Dan anak yang dilindungi mendiang sute itu adalah Dalai Lama yang sekarang! Bagaimana mungkin dia yang menyuruh kalian untuk menangkapi atau membunuh murid-murid sute" Sung-guh janggal!"
Mendengar ini, lima orang Lama i-tu saliag pandang. Kemudian Thay Ku Lama berseru,
"Kami adalah utusan Dalai Lama akan tetapi telah gagal. Biarlah kami akan melapor kepada beliau dan kalian tunggu saja pembalasan dari ka-mi!" Setelah berkata demikian, Thay Ku Lama berkelebat pergi dikuti oleh em-pat orang adik seperguruannya.
"Heh-heh-heh, suheng, kenapa sam-pai sekarang engkau masih menjadi seo-rang yang lemah" Anjing-anjing itu gi-la dan membahayakan, bagaimana kalau aku mewakili suheng mengejar dan membasmi mereka?" kata Koay Tojin. Kakek i-ni adalah sute (adik
seperguruan) dari Pek-sim Sian-su, akan tetapi kalau Pek Sim Sian-su hidup sebagai seorang yang memperdalam kemajuan jiwanya, hidup sebagai seorang yang membersihkan diri lahir batin bahkan mengasingkan diri dari keramaian duniawi, sebaliknya Koay Tojin suka berkeliaran dan memang ada kelainan pada dirinya. Dia dikenal sebagai seorang yang sinting!
Pada hal dalam ilmu kepandaian silat maupun ke-kuatan sihir, dia tidak kalah diban-dingkan suhengnya itu. Mungkin justeru karena dia terlampau banyak mempelajari ilmu sihir dan gaib, terlalu dalam menjenguk ke dalam rahasia kegaiban, dan batinnya tidak kuat, maka dia men-jadi sinting seperti itu. Hidupnya berkeliaran seperti jembel dan kadang-ka-dang melakukan hal aneh-aneh yang ti-dak lumrah. Dia tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap, berkeliaran sampai jauh ke empat penjuru dan muncul seca-ra tiba-tiba saja tanpa berita lebih dulu. Akan tetapi diapun tidak pernah menonjolkan diri sehingga jarang ada yang mengenalnya sebagai seorang sakti, lebih dikenal sebagai seorang sinting.
"Sute, engkaupun sampai sekarang masih belum menanggalkan sikapmu yang ugal-ugalan.
Siapakah dirimu ini maka engkau mempunyai niat untuk membunuh orang" Apakah engkau tidak melihat bah-wa tidak ada perbedaan antara engkau dan mereka?"
"Heh-heh-heh, heei, anak bongkok. Engkau dengar itu" Bukankah pendirian suheng itu aneh sekali" Tadi dia sendiri datang, dan kalau lima ekor monyet gundul itu tidak pergi, aku yakin dia akan turun tangan melindungi tiga orang murid keponakan yang baik ini dan akan mengalahkan mereka berlima. Akan tetapi sekarang, coba dangar, dia berceramah menguliahi aku agar aku tidak membunuh lima orang Lama itu! Heh-heh-heh, lelucon yang tidak lucu bukan?"
Biarpun jembel tua itu nampak ugal-ugalan, namun diam-diam Sie Liong membenarkan pendapatnya. Maka diapun lupa diri dan sambil memandang kepada kakek berpakaian kuning itu, dia berkata, "Memang benar, kek. Lima orang pendeta itu tadi jahat bukan main, lebih jahat karena mereka itu berjuluk pendeta. Membasmi mereka merupakan kewajiban, karena akan menolong manusia dari ancaman kejahatan mereka. Andaikata aku kuat, tentu aku akan membasmi mereka!"
"Siancai.... Siapakah bocah ini?" tanya Pek-sim Sian-su kepada Himalaya Sam Lojin. Pek In Tosu lalu mencerita-kan tentang Sie Liong, seorang bocah gelandangan yang pernah menyelamatkan dirinya secara tanpa disengaja ketika dia diserang oleh dua orang Lama, kemudian betapa bocah itu terkena pukulan beracun dari Thay Ku Lama dan mereka bertiga sudah berusaha mengobatinya namun gagal ketika tiba-tiba muncul Ti-bet Ngo-houw tadi.
"Kebetulan supek telah datang, maka mohon supek menyembuhkan penderita-annya," kata Pek In Tosu kepada supek-nya. Memang aneh hubungan antara mere-ka itu. Himalaya Sam Lojin berusia ku-rang lebih tujuh puluh tahun, sedangkan Pek-sim Sian-su lima tahun lebih tua, akan tetapi dia telah menjadi uwa perguruan mereka! Hal ini adalah kare-na ketika mempelajari ilmu di Himalaya, Himalaya Sam Lojin sudah berusia tiga -puluh tahun lebih dan guru mereka, yaitu seorang sute dari Pek-sim Sian-su, berusia tiga tahun lebih tua dari mereka.
Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 74
Pek-sim Sian-su memang memiliki banyak macam kepandaian, di antaranya ilmu pengobatan.
Mendengar bahwa anak bongkok itu telah menyelamatkan nyawa Pek Im Tosu, dan menderita luka pukulan beracun, diapun lalu mendekati Sie Liong dan memeriksa punggung dan dada-nya. Dia mengerutkan alisnya dan berkata. "Ah, biarpun hawa beracun sudah bersih, akan tetapi isi perutnya mengalami guncangan hebat dan ada racun tertinggal di dalam darahnya. Dia dapat diobati akan tetapi akan memakan waktu yang cukup banyak. Biarlah dia ikut dengan pinto, dan perlahan-lahan pinto sembuhkan dia."
"Lihat, anak bongkok. Orang tua itu menyelewengkan percakapan dan pura-pura tidak mendengar perkataan tadi. Menggelikan, heh-heh-heh!" kata Koay Tojin.
Biarpun di dalam hatinya Sie Li-ong merasa gembira bahwa dia akan diobati oleh kakek berpakaian kuning, na-nun mendengar ucapan Koay Tojin, dia merasa tidak puas juga.
"Locianpwe, maafkan aku. Kalau locianpwe tidak mau menjelaskan mengapa locianpwe melarang kakek jembel ini membasmi lima orang Lama yang ja-hat, terpaksa aku tidak mau ikut dengan locianpwe untuk diobati."
"Hushh! Anak baik, kalau tidak diobati engkau akan mati," kata Pek-sin Tosu.
"Heh-heh-heh, kau benar, anak bongkok. Kalau dia tidak mau menerang-kan, biar engkau ikut aku saja. Kalau harus mati, kita mati bersama dan me-lanjutkan perjalanan ke neraka atau ke sorga, he-he-heh!"
Pek-sim Sian-su menarik napas panjang. "Kalian berdua ini sama-sama ingin mengerti, itu baik sekali walau-pun sesungguhnya engkau harus malu un-tuk mengajukan pertanyaan yang kekanak-kanakan itu, sute. Anak baik, siapakah namamu?"
"Namaku Sie Liong, locianpwe."
"Sie Liong" Nama yang baik. Nah, dangarkanlah, Sie Liong, dan engkau juga, sute. Semua perbuatan itu dinilai dari yang menjadi pendorongnya. Orang bertentangan, berkelahi, juga harus dilihat dari apa yang menjadi pen-dorongnya. Jelas bahwa kita tersesat jauh kalau kita berkelahi dengan orang lain karena kemarahan, kebencian atau dandam. Engkau tadi melihat sendiri betapa tiga orang murid keponakan kita ini berkelahi melawan orang Lama hanya untuk membela diri saja, tanpa sedikitpun dikuasai nafsu kebencian, kemarahan atau keinginan membunuh lawan. Tentu saja sudah menjadi hak mereka untuk mempertahankan diri dan melindungi dirinya apabila terancam kesakitan atau kematian. Sebaliknya, engkaupun melihat sendiri bagaimana keadaan batin lawan-lawan itu dalam perkelahian. Mereka itu jelas berkelahi dengan nafsu dandam dan kebencian, keinginan untuk membunuh. Kalau sekarang kita mengejar mereka dengan niat hati untuk membasmi mereka, bukankah keinginan itupun didasari oleh kebencian" Karena itu, setiap perbuatan manusia haruslah dilihat dari pamrihnya atau dari sebab yang mendorongnya melakukan perbuatan itu, karena biarpun perbuatannya itu nampaknya serupa atau sama, namun sesungguhnya berbeda, seperti buat dan langit."
Koay Tojin terkekeh-kekeh, sedangkan Sie Liong diam-diam mengakui kebe-naran pendapat Pek-sim Sian-su. Walau-pun masih belum dewasa, namun anak itu memang memiliki
kecerdasan. Melihat betapa sutenya masih hahah-heheh, Pek-sim Sian-su tersenyum.
"Sute, sudah belasan tahun kita tidak saling jumpa, kulihat engkau masih sama saja. Aku dapat membaca semua isi hatimu. Engkau tentu masih belum puas, bukan" Nah, selagi jodoh mempertemukan antara kita sekarang ini, kau boleh keluarkan semua isi hatimu dan mari kita bahas bersama, biar didengarkan juga oleh tiga orang murid keponakan kita yang bijaksana ini, dan juga biarlah anak yang baik ini berkesempatan mendengarnya."
Koay Tojin bertepuk tangan tanda gembira. "Heh-heh-heh, bagus, bagus! Memang aku belum puas, suheng. Akan kukeluarkan semua rasa penasaran dalam hatiku ini. Selama bertahun-tahun aku melihat kepalsuan-kepalsuan dunia dan aku muak, suheng, aku sedih...." Dan tiba-tiba kakek itupun menangis terisak-isak seperti anak kecil! Tentu saja Sie Liong terkejut melihat hal ini dan dia memandang dengan mata terbelalak. Akan tetapi, tiga orang kakek Pendekar Bongkok >> karya Kho Ping Hoo >> published by buyankaba.com 75
Himalaya itu yang kini juga sudah duduk bersila se-perti dua orang supek dan susiok mereka, hanya menundukkan muka saja, se-dangkan Pek-sim Sian-su memandang sutenya sambil tersenyum.
"Lanjutkan, sute."
Sambil menyusuti air matanya, Koay Tojin melanjutkan. "Aku melihat semua orang
mengenakan topeng pada mu-kanya. Mengerikan dan menakutkan, juga membuat hati
penasaran dan mendongkol sekali. Pada lahirnya semua orang memakai topeng yang indah dan bersih, padahal di balik topeng itu, batin mereka busuk dan kotor! Munafik dan pura-pura.
Hati, kata dan perbuatan merupakan se-gi tiga yang berbeda jurusan. Palsu, palsu, semua palsu! Juga para pendeta yang pernah kujumpai berbatin palsu. Karena itu, suheng, aku sudah membuang semua pantangan. Heh-heh, aku makan daging, minum arak, heh-heh. Suheng sen-diri tentu tak pernah makan daging dan minum arak, bukan" Apakah suheng bare-ni mengatakan bahwa suheng tidak pernah membunuh?"
"Siancai....! Pinto tidak menyangkal, sute. Akan tetapi dijauhkan Thian kiranya hati ini dari benci, iri, dengki dan pementingan diri pribadi."
"Coba jawab, suheng. Apakah kalau suheng makan sayur dan minum air saja, berarti suheng tidak melakukan pembu-nuhan" Jawab yang jujur, jangan muna-fik, suheng!"
"Saincai...., munafik lebih keji daripada penyelewengan itu sendiri, sute. Tidak dapat disangkal lagi, di dalam sayuran, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, bahkan di dalam air jernih itu terdapat mahluk-mahluk hidup yang bar-gerak dan bernyawa dan yang tidak nam-pak saking kecilnya. Bahkan sayur itu sendiri merupakan tumbuh-tumbuhan yang hidup."
"Nah-nah-nah....!" Koay Tojin menu-dingkan telunjuknya, mengamang-amangkan ke arah suhengnya. "Kalau begitu suheng juga membunuh!"
"Memang, hal itu pinto akui, sute, akan tetapi biarpun sama-sama membunuh namun
perbedaannya bumi-langit, Manusia hidup harus makan, demi kelangsungan hidupnya dan sudah menjadi pembawa-an sejak lahir bahwa manusia harus ma-kan. Dan satu-satunya bahan makanan yang baik, menghidupkan, dan bukan sekedar menuruti nafsu lidah saja, ada-lah sayur-sayuran dan buah-buahan, ju-ga air jernih. Biarpun semua itu me-ngandung mahluk hidup, akan tetapi ka-rena tidak kelihatan maka kita membunuh tanpa kita ketahui, tanpa kita sengaja. Andaikata pinto melihat ada u-lat pada buah yang pinto makan, tentu ulat itu akan
Bara Naga 8 Kisah Si Bangau Merah Karya Kho Ping Hoo Harpa Iblis Jari Sakti 5
^